FOKUS PADA PERKARA YANG DI ATAS !

FOKUS PADA PERKARA YANG DIATAS
image
“Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.” (Kolose 3:2)

Sebuah ungkapan mengatakan bahwa apa yang engkau pikirkan itulah yang akan engkau kerjakan. Artinya semua tindakan kita adalah akibat langsung dari apa yang terkandung di dalam pikiran kita. Satu hal yang perlu kita sadari bahwa selagi kita sadar maka pikiran kita terus bekerja. Pikiran kita tidak akan pernah kosong. Seperti sebuah gelas yang terisi oleh air, dan jikalau airnya dituangkan, maka gelas akan diisi oleh angin. Kalau kita tidak memikirkan hal yang baik, maka mungkin kita sedang memikirkan hal yang jahat. Sikap yang ditunjukkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari adalah ekspresi dari apa yang dia pikirkan !

Paulus mengingatkan kita dalam hal ini sehingga dia meminta kepada jemaat di Kolose untuk memfokuskan pikirannya kepada perkara-perkara yang di atas yaitu perkara dimana Yesus Kristus ada.
Itulah perkara-perkara yang ada di surga. Perkara-perkara di surga adalah perkara-perkara rohani yaitu kebenaran dan kekudusan. Mencari wajahNya lebih lagi… Keintiman yang mendalam. Sementara perkara-perkara di bumi adalah perkara-perkara kenajisan, serakah, kejahatan, kesombongan, perseteruan dan lain sebagainya.

Karena kita adalah anak-anak Tuhan yang sudah ditebus, dan akan menerima kekekalan itu melihat waktunya sudah sangat singkat, maka kita harus memikirkan perkara yang di atas dan membiarkan sikap hidup kita ditentukan olehNya. Kita harus menilai, mempertimbangkan, dan memikirkan segala sesuatu dari sudut pandang kekekalan dan sorga. Tujuan dan sasaran kita hendaknya mencari hal-hal rohani, melawan dosa, dan mengenal Kristus lebih dalam lagi dengan membaca Firman Tuhan dan melakukan doa,pujian dan penyembahan. Menjadi selaras dengan Tuhan berdasarkan hati kita yang jatuh cinta pada Tuhan lebih dalam lagi.
image

Memikirkan perkara yang di atas berarti mengisi pikiran kita dengan firman Tuhan, sehingga semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, itulah yang terkandung di dalam pikiran kita. Dan ini akan terefleksikan dalam setiap tindakan kita sehari-hari. Perbuatan kita akan selaras dengan Firman Tuhan. Semakin pikiran kita diperbaharui oleh Firman Tuhan, semakin terkikis pula tabiat-tabiat manusia lama kita. Pikiran kita telah dikendalikan sepenuhnya oleh Roh Kudus.

Menjadi perenungan bagi kita, apa yang lebih sering dan lebih banyak kita pikirkan dalam kehidupan kita? Pikirkanlah perkara yang di atas yaitu yang sifatnya memuliakan Allah, hal-hal yang berkenan kepada Allah, hal-hal yang membawa berkat kepada banyak orang, dan hal-hal yang mengejar kekudusan dan mempersiapkan diri menjadi MEMPELAI KRISTUS. Menjadi umat yang layak yang diselamatkan untuk masuk ke dalam Surga. Itulah yang harus kita fokuskan dalam pikiran kita setiap harinya.

BERJAGA-JAGALAH DAN BERSIAPLAH AKAN PERKARA-PERKARA DIATAS !
image

Advertisements