5 MAHKOTA MENANTI ANDA, Wahyu 3:11

“Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan” (Wahyu 2:10c)

Tahukah Saudara bahwa hidup ini bagaikan sebuah pertandingan? Ketika kita bertanding, kita bisa kalah ataupun menang. Untuk mencapai kemenangan ada banyak hal yang mempengaruhi, misalnya : upaya pihak lain yang tidak ingin kita memenangkan pertandingan dan juga apakah kita sendiri bisa memberikan penampilan yang terbaik.

Penulis kitab Wahyu melihat jemaat Kristen Smirna adalah jemaat yang sedang bertanding. Apakah Saudara bisa memenangkan pertandingan imanmu? Setiap orang Kristen bisa menghadapi tantangan berbeda satu dengan yang lainnya. Orang yang satu tantangannya bisa lebih berat, sedangkan orang yang lain bisa lebih ringan. Tetapi ada satu yang pasti, yakni bahwa mereka yang memenangkan pertandingan iman akan mendapatkan mahkota kehidupan. Jemaat Kristen Smirna sedang bertanding dengan para penguasa Romawi dan orang-orang Yahudi yang membenci, menekan, serta menganiaya mereka karena iman mereka. Tentu saja, ini adalah pertandingan iman. Bahkan jemaat Smirna menjadi symbol bagi jemaat-jemaat Kristen yang juga diperhadapkan pada tantangan, dan mereka harus menanggapi tantangan itu dengan membuktikan kesetiaan iman mereka.

Di Wahyu 4: 10, diceritakan bahwa ada 24 orang tua-tua yang memiliki mahkota dan melemparkannya ke hadapan tahta Sang Raja.

 

Macam-macam Mahkota Orang Kristen

Kata crown atau mahkota di Alkitab diterjemahkan dari dua kata yang berbeda, yaitu diadema dan stephanos. Biasanya kata diadema dipakai untuk menunjuk mahkota seorang raja/ ratu, sedangkan stephanos mengacu kepada mahkota berupa rangkaian daun atau bunga yang dipakaikan kepada pahlawan/pemenang.

Kata  stephanos secara harfiah berarti untaian bunga. Kata stephanos biasanya dipakai dalam pertandingan-pertandingan dalam Olimpiade, yang sejak tahun 776 SM diadakan oleh bangsa Yunani, di mana semua peserta yang berhasil bertanding akan dibariskan di hadapan hakim untuk menerima untaian bunga. Para pemenang perlombaan atletik menerima stephanos yang terbuat dari daun “laurel” segar dan akan segera layu sebagai bentuk penghargaan yang mengharumkan nama bangsa dari atlet tersebut sedangkan kita akan menerima stephanos yang abadi atau “incorruptible crown”, yang tidak akan layu oleh waktu darI TUHAN YESUS KRISTUS karena kita percaya kepadaNya.

Kata stephanos juga dipakai ketika para prajurit Romawi memahkotai Yesus dengan mahkota duri, sedangkan Paulus memakai kata yang sama untuk mengajarkan mahkota yang disediakan Kristus bagi orang percaya yang menang dalam pertandingan hidup ( I Kor 9: 24-25). Setidaknya ada lima jenis mahkota yang disediakan Kristus bagi orang percaya yang akan dikaruniakanNya pada saat perjamuan kawin Anak Domba nanti, yaitu: mahkota kehidupan bagi yang mempertahankan imannya, mahkota kemuliaan bagi para gembala yang baik, mahkota sukacita bagi pemenang jiwa (penginjil), mahkota kebenaran bagi mereka yang setia menanti kedatangan Kristus yang kedua kali, dan mahkota yang abadi bagi para pemenang dalam pertandingan iman.

Rinciannya sebagai berikut:

1.  Mahkota Kehidupan

Diberikan untuk bertahan dalam percobaan dan bagi mereka yang mati martir karena mempertahankan imannya kepada Kristus.

Yakobus 1:12 Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa  yang mengasihi Dia.

Wahyu 2:10 Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan  Aku  akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan atau the crown of life.

 

  1. Mahkota Kemuliaan

Diberikan untuk rajin dan setia menggembalakan kambing domba Gereja.

Seharusnya hal yang paling dirindukan dan memotivasi para gembala bukanlah memiliki gedung ibadah yang megah atau jemaat belasan ribu jiwa, tetapi hari ketika mereka akan menerima the crown of glory atau mahkota kemuliaan, yang disediakan oleh Sang Gembala Agung secara khusus bagi mereka. Mahkota kemuliaan akan diberikan kepada gembala yang menggembalakan domba-domba tebusan Kristus dengan baik.

1 Petrus 5:2-4 Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri.  Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu. Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.

  1. Mahkota Kemegahan / Sukacita

Diberikan untuk memenangkan orang lain bagi Kristus

Firman Tuhan mengatakan bahwa penghuni Surga bersukacita saat ada jiwa yang dimenangkan bagi Kristus. Tetapi nanti pada waktiu yang sangat indah, para pemenang jiwalah yang akan lebih bersukacita karena menerima mahkota sukacita. The crown of rejoicing atau mahkota sukacita disediakan Yesus khusus bagi para pemenang jiwa.

1 Tesalonika 2:19-20 Sebab siapakah pengharapan kami atau sukacita kami atau mahkota kemegahan kami di hadapan Yesus, Tuhan kita, pada waktu kedatangan-Nya, kalau  bukan  kamu? Sungguh, kamulah kemuliaan kami dan sukacita kami.

  1. Mahkota Kebenaran

Diberikan untuk yang merindukan kedatangan Kristus.

Mahkota kebenaran adalah upah yang disediakan Tuhan bagi semua orang percaya yang setia menanti kedatangan Kristus yang kedua kali.

2 Timotius 4:8 Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaranyang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.

Pengajaran tentang kedatangan Tuhan yang kedua kali sangat dihargai oleh orang percaya, tetapi dicela oleh orang fasik. Celaan-celaan ini membawa penderitaan batin bagi orang percaya, bahkan bisa melemahkan iman dan pengharapan. Tetapi betapa indah jika hati kita senantiasa percaya bahwa Tuhan telah menyiapkan hadiah khusus bagi semua orang percaya yang menantikan kedatanganNya yang kedua.

  1. Mahkota Abadi

Diberikan untuk melatih pengendalian diri dan berjuang untuk menjadi yang terbaik yang Anda bisa untuk Tuhan.

1 Korintus 9:25  Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota  yang  fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi / incorruptible crown.

Bagaimana agar hidup kita yang singkat di bumi ini tidak sia-sia? Kita harus berlari mengejar mahkota itu dengan mempertahankan keselamatan dan menghasilkan buah dalam hidup ini. Mempertahankan keselamatan itu dengan cara bekerja segiat-giatnya sebagai seorang murid Kristus, supaya kelak kita mengenakan paling tidak 1 dari 5 stephanos yang disediakanNya.

Untuk mendapatkan mahkota, kita harus mengikuti peraturan pertandingan dan mencapai garis akhir serta tetap memelihara iman kepada Tuhan Yesus.

2Tim 2:5 Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota sebagai juara, apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturanolahraga.

2 Tim 4:7 Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.

Tuhan Yesus sendiri yang akan menganugerahkan stephanos sesuai dengan buah yang kita hasilkan setelah menjadi muridNya, “Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan BapaNya diiringi malaikat-malaikatNya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatanNya “ (Matius 16: 27). Tidakkah kita merindukan hari yang paling indah itu, di mana kita bertemu dengan Mempelai yang sangat kita rindukan dan di dalam pertemuan itu Dia memahkotai kita dengan kemuliaan yang sudah disediakanNya sejak semula?

Why 3:11 Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu.

Amin.

Advertisements