RENCANA PERDAMAIAN ABAD INI

Hasil gambar untuk peace deal of century

Tim perumusan Perdamaian Presiden Donald Trump mempersiapkan landasan untuk peluncuran rencana

Tepi Barat “bisa meletus atau meledak sebelum, selama atau setelah mereka mempresentasikan rencana perdamaian tersebut, dan kita harus menambahkan ini ke dalam perhitungan kita selama ini.

May 14, 2019 00:48

 

U.S. President Donald Trump speaks at a campaign rally on the eve of the U.S. mid-term elections

Presiden A.S. Donald Trump berbicara pada rapat umum kampanye menjelang pemilihan jangka menengah A.S.

Setelah diam selama berbulan-bulan, tim Perdamaian Timur Tengah dari pemerintahan Donald Trump semakin banyak membicarakan tentang rencana perdamaian Timur Tengahnya, dari apa yang bisa kita lihat sebagai upaya untuk mempersiapkan landasan atau fondasi bagi peluncuran “kesepakatan abad” yang sudah tertunda selama ini di bulan juni mendatang.

Bulan lalu, penasihat senior dan menantu Presiden AS Donald Trump Jared Kushner mengatakan bahwa rencana perdamaian itu akan disampaikan beberapa saat setelah Ramadhan, yang akan berakhir pada tanggal 4 Juni 2019. Dan dalam sebuah wawancara dengan Fox News pada akhir pekan, Jason Greenblatt – Perwakilan Khusus untuk Negosiasi Internasional Trump- menetapkan setelah Shavuot, 9 Juni, sebagai target untuk presentasi rencana Perdamaian tersebut.

Keinginan untuk mempresentasikan rencana Perdamaian bulan depan bertentangan dengan saran dari beberapa pihak, seperti halnya direktur eksekutif Institut Washington untuk Kebijakan Near East, Robert Satloff, telah menulis dua kali pada bulan lalu jika anda memprediksikan mengenai Rencana Perdamaian Bulan depan ditakdirkan untuk gagal, maka menurut dia itu sangat keliru, dan bahwa jika terjadi sebuah kegagalan maka akan mendelegitimasi beberapa ide segar di dalamnya.
Dan Channel 13 melaporkan pada Minggu malam bahwa mantan kepala staf IDF Gadi Eisenkot, pada pertemuan dengan Greenblatt dan 10 pakar Timur Tengah dari Institut Washington dan lembaga-lembaga think tank lainnya pekan lalu, mengatakan bahwa menurut mereka akan memungkinkan ada peningkatan kekerasan di Tepi Barat – dan Administrasi Trump harus mempertimbangkan hal ini ketika mempertimbangkan untuk melepaskan rencana Perdamaian tersebut.
Menurut laporan ini, Eisenkot mengatakan kepada Greenblatt bahwa kekerasan di daerah Tepi Barat “bisa meletus sebelum, selama atau setelah Anda mempresentasikan rencana perdamaian tersebut, dan kita harus menambahkan kemungkinan ini ke dalam perhitungan kita. Setelah jin ini keluar dari botol, akan butuh lima tahun untuk memasukkannya kembali. ”
Hasil gambar untuk peace deal of century

Greenblatt dilaporkan telah meresponi persoalan yang akan timbul tersebut dan  pemerintahan Trump sangat sadar akan risikonya, tetap akan menerbitkannya dalam beberapa minggu mendatang..

Politico melaporkan pada hari Senin bahwa Kushner telah mengumpulkan lusinan jurnalis di Gedung Putih “dengan tujuan untuk membuat mereka mengerti dan setuju dengan rencana perdamaian tersebut,” meskipun ia jarang mengetahui detailnya.

Greenblatt, dalam sebuah wawancara pada hari Jumat dengan Majalla – mingguan yang dimiliki oleh Saudi yang berbasis di London yang muncul online dalam bahasa Arab, Inggris dan Persia – menjawab pertanyaan tentang apakah ini waktu yang tepat untuk meluncurkan rencana perdamaian tersebut dengan mengatakan bahwa, “Tidak akan pernah ada waktu yang sempurna untuk sebuah perdamaian, tetapi lebih parah adalah jika status quo karena tidak baik untuk siapapun – sebab manusialah yang akan  menderita; dan kedua wilayah ini juga akan menderita.

 

Recommended videos
Powered by AnyClip

“Kami berharap bahwa para pemimpin sudah melakukan pembicaraan yang cukup lama untuk membaca akan poin-poin yang di ajukan serta mempertimbangkan rencana perdamaian kami,” katanya, dalam wawancara pertamanya dan dipublikasikan dalam bahasa Arab.

kemudian ditanya lagi apakah dengan keputusan pemerintah US yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan tidak membuat “prasangka buruk untuk rencana perdamaian itu bagi Palestina,” Greenblatt menanggapi bahwa keputusan Dataran Tinggi Golan “tidak terkait dengan konflik Israel-Palestina.

Hasil gambar untuk peace deal of century

“Mengenai Dataran Tinggi Golan: siapa yang dapat menyarankan bahwa Israel menyerahkan Dataran Tinggi Golan – area tersebut sangat strategis, dimana selalu digunakan untuk menyerang Israel berulang-ulang – dan apakah kita harus memberikannya kepada seorang pria lain yang selalu melakukan kekejaman massal terhadap perempuan dan anak-anak  di negerinya sendiri? ”dia bertanya.

Mengenai Yerusalem, ia mengatakan bahwa keputusan itu juga sekadar pengakuan yang akan menjadi kenyataan, dan bahwa kota Yerusalem itu “adalah ibu kota orang Yahudi dari sejak zaman kuno, dan itu juga telah menjadi ibukota Israel sejak Negara Israel Merdeka. jika pura-pura bertindak sebaliknya maka semua itu hanya akan merusak peluang perdamaian. Tidak ada di dunia yang tidak mengakui bahwa  Yerusalem tidak akan menjadi ibu kota Negara Israel. “

Greenblatt kembali mengambil kepemimpinan Palestina untuk tugas perdamaian tersebut karena mereka sudah menolak rencana itu, bahkan sebelum melihatnya.

“Saya percaya bahwa sejarah akan menghakimi Otoritas Palestina dengan keras karena mereka melewatkan kesempatan yang dapat memberi Palestina sesuatu yang sangat berbeda, dan sesuatu yang sangat positif, dibandingkan dengan apa yang mereka miliki saat ini,” katanya.

Hasil gambar untuk peace deal of century
“Ada orang-orang yang mungkin tidak menyukai kebijakan kami saat ini, dan kami memahami akan hal itu,” kata Greenblatt. “Tapi itu tidak berarti mereka kemudian dapat dengan jujur mengatakan bahwa mereka menentang rencana yang belum mereka lihat. Kami telah meminta semua orang untuk terus bersabar dan tidak berprasangka buruk terhadap rencana tersebut. Kami percaya kami telah mengembangkan rencana yang terperinci, realistis, adil, dan dapat diterapkan; yang akan memungkinkan orang untuk hidup lebih baik. Setelah semua orang melihat rencana itu, mereka akan mengerti mengapa kami membutuhkan waktu selama ini untuk merilisnya. “

Hasil gambar untuk peace deal of century

Advertisements