FINDING GOD’S WILL

MENEMUKAN KEHENDAK TUHAN

Menemukan kehendak Tuhan harus bertemu dulu dgn Tuhan, intim dgn Allah baru kita bisa ketemu denganNya. Keintiman hrs dekat dahulu baru mengerti. Walaupun dekat belum tentu tau kehendak Tuhan. Demikian kita dgn Tuhan. Kalau kita ingin mengerti kehendak Tuhan, kita hrs menemukan dan mencari Tuhan.  Banyak agama lain berusaha mencari Tuhan tapi tdk menemukanNya. Karena Tuhan yg maha kudus tdk dapat di hampiri, tapi Tuhan sendiri yg menghampiri kita utk dapat ditemui oleh kita.

Matius 26:38-39 (TB) lalu kata-Nya kepada mereka: “Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku.”
Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”

Matthew 26:38-39 He told them, “My soul is crushed with grief to the point of death. Stay here and keep watch with Me. ”
He went on a little farther and bowed with His face to the ground, praying, “My Father! If it is possible, let this cup of suffering be taken away from Me. Yet I want Your will to be done, not Mine. ”

Disini ada beberapa pedoman pemting bagaimana kita menemukan kehendak Allah :

Yesus itu adalah Anak Allah dan anak manusia. Sebenarnya Dia tahu kehendak Allah tapi pada saat Dia mjd manusia, tapi Yesus dituntun pada kehendak Allah melalui pengorbananNya.

Manusia menghendaki bahagia, tidak pernah menderita. Kehendak Allah belum tentu sama dgn kehendak Allah. Keinginan kita yg enak2… tapi keinginan Allah belum tentu.

Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”

Sebenarnya Yesus ada kehendak pribadiNya utk tdk mau melalui hal itu, tapi Yesus menemukan kehendak Allah dan melalukan kehendak Allah.

1. Rela mengalah utk diri kita.
Rela mengalah mematikan daging kita.
Rela mengalah total kpd Tuhan.

Karena Kehendak Allah itu pasti baik, manis, terjamin dan mendatangkan kebahagiaan serta sempurna.

Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan!!!

Untuk menemukan kehendak Allah kalau tdk dilakukan percuma !!!

Yesus melakukan kehendak Allah dgn Yesus disiksa dan disalib di atas kayu salib. Kalau Yesus tdk melalukan kehendak Allah maka Yesus tdk akan bangkit, krn mati saja tdk. Ini semua krn Yesus menemukan kehendak Tuhan.

Utk menemukan kehendak Allah kita tidak boleh egois, tdk ingin menang sendiri !
Jangan suka ngotot !

Belajar mengalah ! Dan mengalah yg paling baik yaitu kepada Tuhan !
Kalau sama Tuhan aja ga mau mengalah, gimana mau mengalah pada suami/istri atau gembala/ jemaat. Maka banyak gereja yang pecah krn tdk ada yang mau mengalah.

Org yg mau mengalah akan menemukan kehendak Tuhan !

2. Sujud dan berdoa

Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku,

Tujuan akhir hidupNya diluruskan kembali melalui Berlutut dan Berdoa !

Apa kunci kesuksesan Albert Einstein ?
1. Kerja keras. Tdk ada kesuksesan tanpa kerja keras.
2. Berdoa. Kerja keras tdk akan menghasilkan apa2 tanpa berdoa yaitu kehendak Allah.
Albert Einstein aja yg jenius aja berdoa, kita tg tdk jenius berdoa aja ga mau !

3. Tutup mulut.
Jika ada orang yang mengejek kita saat kita belum sukses, tutup mulutmu !!!
Seperti halnya: Presiden kita Bp. Jokowi dan juga alm Nelson Mandela.
Waktu Yesus disiksa, dicambuk, Yesus diam saja.

bagaimana jika kita di posisi mereka? apakah yang keluar dari mulut kita? apakah sumpah serapah, caci maki atau gerutu?

Itulah kuncinya kita : Tutup mulutmu !

Kunci sukses Abraham Lincoln :
Sesibuk2nya aku, selalu hrs membaca Alkitab dan berdoa supaya kita dpt menemukan kehendak Allah.

Koram Deo = membawa serta masalah kita atau pergumulan kita dihadapan Tuhan.

Kehendak itu dicari didalam doa, tapi terkadang Tuhan berkehendak lain. terkadang kita sebagai manusia berpikir, lha kok malah kondisi makin buruk ?

Seperti Yesus berdoa dan besoknya di salib.

Padahal berdoa bukan utk menerima jawaban sesuai keinginan kita ! Bukan supaya keinginan kita tercapai, tapi berdoa agar kehendak Allah tercapai !

Kita sangka Yesus disalib dan disiksa diludahi krn dia berbuat salah. Padahal itu karena Yesus menebus semua dosa2 kita ! Org yang udah menemukan kehendak Allah akan kiat dan tabah menghadapi segala hal. Tapi org yang belum menemukannya ga akan pernah tabah !!!

Janganlah seperti yang Ku kehendaki, melainkan jadilah seperti yang Engkau kehendaki.”

4. Sungguh2 percaya pada kehendak Allah

Berdoa sampai Ia menemukan kehendak Allah dan melakukanNya. Walaupun Yesus didorong2 ke Pontius Pilatus, Imam besar kayafas dll dan tetapi tetap tidak ada pembelaan sama sekali dari siapapun, bahkan dari Allah.

anda bisa membayangkan? Pengadilannya itu terjadi semalaman, baru aja kemarin ditangkap, besoknya langsung disalibkan. Dan menurut kita itu psati sebuah keputusannya pasti tidak tepat.
Yesus disalibkan jam 9, Yesus Berseru2 jam 12 siang. setelah itu meninggal.

Markus 15
Org yg disiksa dan diseret dari bukit Golgota minimal butuh 30 mnt untuk orang yang sehat. Saat org makan pagi, Yesus sedang disiksa dan tdk ada satu orgpun yg menolongNya. Dimana Allah saat itu ? Spt saudara, saat mengalami kesusahan selaku berkata : dimana Tuhan ?

Yesus menahan badannya dengan tangan yg dipaku dan kaki yg dipaku. Tapi Yesus mengatakan : Bapa, kedalam tanganMu kuserahkan hidupku !

Iman kita bergantung pada Firman Allah yg engkau dapatkan lewat menemukan kehendak Allah.

Iman kita tdk dpt bergantung pada mukjizat. Org yg melihat mukjizat Allah belum percaya kpd Allah. Iman kita hrs bergantung pada Firman Allah.

Contoh Yudas iskariot, dia melihat waktu Lazarus dihidupkan, saat membangkitkan anak kecil talita kum, org mati dibangkitkan 3x, angin ribut berhenti, memberi mkn 5000 org. Yudas melihat semuanya tapi itu semua tdk membuat dia memiliki iman yg benar.

Iman yg besar yaitu menemukan kehendak Tuhan

Para penjaga yg menjaga kubur Yesus mengalami gempa bumi dan batu kubur bergeser dan malaikat Tuhan duduk diatas batu tsb, Yesus keluar dan mereka ketakutan spt org mati. Seharusnya mereka melihat sendiri mjd percaya… tapi mereka tetap tdk percaya. Mereka mau disuap utk berbohong. Padahal seharusnya penjaga atau tentara hrs punya integritas dan terlatih.

Suap menyuap dan korupsi sdh ada sejak jaman dahulu.

Blandina – gadis kecil 12 thn, seorang yang mencintai Tuhan jaman kaisar Nero. Disuruh menyangkal Yesus kalau tdk dicambuk. Dan ficambuk oleh algojonya sampe lemes. Tapi dia hanya tersenyum krn dia menyakini kehendak Allah ! Akhirnya Blandina diikat pada kayu dan dibakar tapi tdk mati, lalu dia ditusuk dari pantat sampai kepalanya sehingga mati. Imannya luarbiasa.

Iman yg kuat dan besar dan teguh, iblis akan serang dgn berbagai tentaranya krn org ini berbahaya bagi kerajaan kita..

Iman yg mempertahankan kehendak Allah :
1. Kehendak Allah adalah yg tidak bertentangan dgn Firman Allah. Yg berdiri diatas Firman Allah.

2. Kehendak Allah selalu membawa damai sejahtera.
Kalau kita melakukan Firman Allah, kita pasti mendapatkan damai sejahtera. melakukan Kehendak Allah pasti akan membawa sukacita.

Saat hati kita tdk ada damai sejahtera, harap segera koreksi diri kita apakah kita sudah sesuai kehendak Allah ?

3. Kehendak Allah selalu memuliakan Tuhan.

Kalau tdk memuliakan Allah, sdh pasti bukan kehendak Allah. Hanya org berhikmat yg dpt membedakan kehendak Allah atau bukan.

Pencobaan dengan berkat bagaimana cara membedakannya ? Hanya org yg dekat dgn Tuhan yg dpt mengerti mana berkat dan mana pencobaan. Maka yg membedakan kita apakah kita sesuai dgn kehendak Allah atau bukan adalah berjalan sesuai dgn kehendak Tuhan bukan hanya menemukan kehendak Tuhan !

Advertisements