GONCANGAN, MANUSIA AKHIR JAMAN DAN PENGANGKATAN By Ir. Niko N

Pdt. Dr. Ir. Niko Njotorahardjo

“TAHUN AYIN VAV (5776)!”

Shalom Saudara yang dikasihi Tuhan, dari tgl 13 September 2015 yang lalu sampai dengan 3 Oktober 2016 kalender Orang Yahudi berubah dari tahun 5775 menjadi tahun 5776 yang disebut dengan Ayin Vav. Ayin Vav berarti 76 dimana Ayin (70) berbicara tentang sebuah mata.

AYIN

Early

Hebrew

 

Middle

Hebrew

 

Late

Hebrew

 

Modern

Hebrew

 Early Hebrew    Middle Hebrew    Hebrew - Late    Hebrew - Modern

Memang yang pertama (dalam early Hebrew) bentuknya adalah mata dan itu berbicara tentang mata Tuhan dan juga mata kita. Kalau kita membaca dari Mazmur 32 : 8 maka disitu dikatakan demikian, Aku hendak mengajar dan menunjukkan jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu.

Mata Tuhan tertuju kepada kita semua, Dia mau mengajar, Dia mau menasehati, Dia mau menunjukkan jalan yang harus kita tempuh. Ada berapa banyak di antara Saudara yang memerlukan tuntunan Tuhan, dinasehati, diajar, ditunjukkan jalan yang harus kita tempuh? Dan ini semua bisa kita tangkap kalau mata kita tertuju kepada Dia. Setiap tahun saya percaya ini pesan Tuhan buat kita semua, Dia mau menuntun karena Dia sangat mengasihi Saudara. Saudara pegang baik-baik apa yang saya katakan, jangan lihat masalah Saudara! Saudara mungkin datang dengan bermacam-macam masalah, tetapi ingat! Tuhan Yesus sangat mengasihi Saudara. Dia mau menuntun, mengajar, menunjukkan jalan yang harus kita tempuh. Mata Tuhan tertuju kepada kita tetapi mata kita pun harus tertuju kepada Dia. Amin!

Sekarang mari kita lihat apa tuntunan Tuhan memasuki Ayin Vav.

TAHUN AYIN VAV = TAHUN YOBEL!

Memasuki Tahun Ayin Vav, ini adalah tahun Yobel! Tahun Yobel adalah Tahun Pembebasan!

Imamat 25 : 10 berkata, Kamu harus menguduskan tahun yang kelima puluh, dan memaklumkan kebebasan di negeri itu bagi segenap penduduknya. Itu harus menjadi tahun Yobel bagimu, dan kamu harus masing-masing pulang ke tanah miliknya dan kepada kaumnya.

Saudara, pada waktu zaman ini setiap laki-laki orang Israel mendapat warisan tanah. Kalau dia jatuh miskin atau bangkrut dia boleh menjual tanahnya tetapi catatan buat kita, tanah itu tidak selamanya dijual menjadi milik orang lain, sebab pada tahun Yobel harus dikembalikan kepada pemiliknya. Dan misalnya kalau sudah menjual tanah tetapi toh masih ada hutang, dia harus mencari jalan lain. Dia bisa datang kepada pemberi hutangnya dan bersedia menjadi budaknya, artinya dia menjual dirinya sebagai budak. Tetapi sekali lagi, menjadi budak itu tidak selamanya, sebab pada tahun Yobel dia harus menjadi orang merdeka. Dan mereka harus pulang ke keluarganya masing-masing.

Saudara yang dikasihi Tuhan, itu tadi semua berbicara tentang persoalan ekonomi, sosial dan keluarga yang menimpa mereka, tetapi ingat satu hal, semua sifatnya hanya SEMENTARA!

Jadi kalau Saudara memiliki masalah hari ini, saya tidak tahu apakah itu masalah ekonomi, masalah sakit penyakit, masalah ketergantungan kepada obat bius atau obat-obatan terlarang, masalah keluarga dan masalah dalam bidang sosial dimana Saudara mengalami masalah-masalah itu, ingat baik-baik, itu sifatnya SEMENTARA! Sebab pada tahun Yobel itu semua akan dibebaskan! Ada berapa banyak yang mau mengalami tahun pembebasan? Amin!

Kalau Saudara mempunyai masalah, ini yang harus dilakukan :

  1. Bertobat

Total Surrender

Artinya, kalau tadinya kita berjalan dalam dosa, lalu kita berbalik kepada Tuhan Yesus dengan penyesalan yang dalam, “Tuhan, ampuni saya…ampuni saya, Tuhan!”. Jadi bukan artinya kalau berbuat dosa lalu hanya berkata kepada Tuhan, “Tuhan, sorry ya..saya salah nih. Tapi saya percaya saya berada dibawah kasih karunia, jadi saya tidak dihukum. OK, trima kasih Tuhan”. Tapi posisinya masih berjalan ke arah dosa tersebut. Dan banyak yang terjadi seperti ini, itu bukan pertobatan! Bertobat artinya berbalik dari yang tadinya berjalan dalam dosa lalu dengan penyesalan yang mendalam dan tentunya juga penuh dengan penderitaan untuk melepaskannya, berbalik dari dosa kepada Tuhan Yesus. Dan kalau itu Saudara lakukan maka Tuhan Yesus pasti mengampuni!   Pegang baik-baik, apa pun dosa yang Saudara lakukan, kalau Saudara lakukan pertobatan yang sungguh-sungguh seperti itu maka Tuhan Yesus pasti mengampuni Saudara.

  1. Percaya bahwa Tuhan Yesus mau dan mampu menyembuhkan atau membebaskan Saudara.

Bible-Quotes-62

Saudara harus percaya bahwa Tuhan Yesus mau dan mampu menyembuhkan atau membebaskan Saudara. Kalau itu Saudara lakukan maka tahun ini adalah tahun pembebasan buat Saudara! Tahun Yobel buat Saudara. Saudara harus percaya hal ini sebab kalau tidak percaya maka hal itu tidak akan terjadi. Katakan kepada Tuhan, “Tuhan, saya percaya! Saya tidak melihat masalah saya tetapi saya percaya janji-Mu!”. Maka Saudara akan mengalami tahun pembebasan di tahun ini. Amin!

Kesaksian Healing Movement Crusade di SOE

Saya baru pulang dari Soe dan Kupang. Seperti bulan yang lalu saya sudah bercerita kepada Saudara dimana 3 bulan yang lalu tiba-tiba Tuhan menyuruh saya ke Soe. Waktu itu saya berkata, “Lho Tuhan, saya kan harus ke Amerika”. Sebab memang seharusnya saya masih di Amerika dan belum pulang sampai hari ini, tetapi Tuhan tetap menyuruh saya ke Soe dan saya taat saja. Saya belum pernah ke Soe, dulu memang pernah mau pergi tetapi tiba-tiba sakit. Itu sudah beberapa tahun yang lalu. Jadi ini yang pertama kalinya saya ke Soe. Begitu saya mulai mengontak yang ada di sana, tiba-tiba saya diberi catatan atau cuplikan buku “The Revival In Indonesia” yang ditulis oleh Dr. Kurt Koch, seorang Jerman pada tahun 1971 yang mengatakan demikian, “Tgl 26 September 1965 kebangunan rohani mulai pecah di Soe. Ini kebangunan rohani yang besar dimana mujizat-mujizat yang terjadi adalah paling lengkap setelah Kisah Para Rasul”. Bayangkan Saudara, kita banyak mendengar kebangunan-kebangunan rohani di negara-negara lain, tetapi justru di Indonesia mempunyai kebangunan rohani yang seperti itu. Haleluya!

Saya akhirnya diberikan jadwal tgl 25 September, yaitu malam terakhir mereka berkumpul sebab keesokkan harinya mereka sudah kembali pulang. Mereka mempersilahkan saya untuk mengadakan KKR di sana dan saya baru tahu bahwa saya disuruh Tuhan ke Soe bertepatan dengan 50 tahun kebangunan rohani yang pernah terjadi di sana, itu Tahun Yobel! Tuhan memberikan tugas kepada saya, “Kamu pergi ke Soe dan nyalakan kembali api kebangunan rohani di Soe dan kamu bawa kembali api itu ke Jakarta, ke Indonesia dan ke bangsa-bangsa!”

Saudara dengar baik-baik, Indonesia pernah mengalami kebangunan rohani yang menurut Dr. Kurt Koch ini merupakan kebangunan rohani yang terlengkap setelah Kisah Para Rasul! Karena itu saya percaya bahwa Indonesia bagi bangsa-bangsa. Amin!

Waktu saya ada di sana memang sudah disusun acaranya, pertama saya datang ke Gereja Maranatha, dimana kebangunan rohani yang terjadi dimulai di gereja ini. Di sana saya dipertemukan dengan saksi hidup yang kemudian bersaksi kepada kami waktu itu. Seharusnya ada 2 saksi yang datang tetapi karena yang satunya sudah berusia 80 tahun dan kurang sehat akhirnya hanya 1 saksi yang datang dan memberi kesaksian apa yang terjadi waktu itu. Waktu kami sedang berkumpul di Gereja Maranatha ternyata hari itu ada arak-arakan ±10.000 orang yang dibagi dalam kelompok-kelompok daerah, anak-anak muda, dsb. Mereka berjalan beberapa kilometer sambil memuji-mujii Tuhan. Rasanya Saudara belum pernah melihat yang seperti itu dan saya pun belum pernah melihatnya. Ketika saya melihat mereka, saya ke depan Gereja Maranatha dimana mereka harus berhenti disitu untuk didoakan dan setelah itu baru melanjutkan perjalanannya lagi. Saya melihat waktu itu terutama anak-anak muda, ada yang masih kecil dan yang agak besar, mereka semua mengangkat tangan, berlutut serta berbahasa roh! Melihat itu saya menangis, saya turun ke jalan dan menumpangkan tangan atas mereka, saya tidak tahan untuk melihat itu. Dan pada waktu malam harinya di Soe, ada ribuan yang datang, yaitu sekitar 17.000 orang dan ini belum pernah terjadi. Artinya KKR yang seperti ini belum pernah terjadi di Soe. Tetapi karena ini sesuatu yang special maka Tuhan adakan yang seperti itu.

Saudara, anak-anak muda baik yang di Soe maupun di Kupang, mereka dilawat Tuhan luar biasa. Ini yang sebetulnya menjadi doa saya dimana saya ada satu kegalauan. Kalau boleh saya curhat kepada Saudara, saya ini galau selama beberapa bulan terakhir ini karena melihat anak-anak muda yang sebagian sudah tidak mau berbahasa roh dan hidup bebas dengan adanya pengajaran-pengajaran yang salah hari-hari ini (hyper-grace) dan saya berdoa, “Tuhan, kalau anak-anak mudanya seperti ini, bagaimana ya Tuhan?” dan saya menangis di hadapan Tuhan. Tetapi malam itu di Kupang saya diperlihatkan oleh Tuhan, waktu secara khusus saya menyuruh anak-anak muda bangkit berdiri, ternyata ada ribuan anak-anak muda yang hadir dan mereka semua dilawat Tuhan. Mereka rebah dalam roh serta berbahasa roh dan saya tahu bahwa yang seperti itu masih ada!

Saudara, sekarang saya membawa api ini dan saya percaya kalau saya mendapat api ini, maka Saudara pun juga mendapatkannya. Saya percaya setiap Saudara yang rindu juga akan melihat serta dipakai Tuhan! Ini Tahun Kebangunan Rohani! Tahun Pembebasan! Saudara akan dipakai untuk membebaskan orang-orang yang ditawan dengan berbagai macam persoalan, seperti ditawan masalah ekonomi, sakit-penyakit, ketergantungan kepada obat-obatan terlarang, dsb. Saudara akan dipakai Tuhan untuk itu. Amin!

Ketika saya berada di Soe dan Kupang, saya benar-benar belum pernah merasakan yang seperti itu, tetapi memang benar ini merupakan Tahun Yobel buat kebangunan rohani di Indonesia. Banyak orang yang tidak tahu akan hal ini termasuk orang-orang Indonesia sendiri. Demikian pula kalau saya tidak bercerita maka Saudara pun belum tentu tahu termasuk saya sendiri. Saya pernah mendengarnya tapi tidak tahu bahwa hebatnya di Indonesia sampai seperti itu! Bahkan pada waktu itu juga banyak bangsa-bangsa lain yang datang ke Indonesia! Saudara yang dikasihi Tuhan, ini adalah Tahun Pembebasan! Ini adalah Tahun Kebangunan Rohani Yang Besar! Amin!

TAHUN AYIN VAV = TAHUN GONCANGAN

Apakah Saudara setuju ini adalah tahun goncangan? AMIN! “Tuhan, goncangan boleh datang tetapi saya tahu Tuhan beserta saya!”, itu artinya amin!

Memang ada kejadian yang luar biasa terutama di bulan September dimana pada tgl 13 September yang lalu dimulainya Tahun Ayin Vav. Bertepatan dengan hari itu ada gerhana matahari partial. Dan pada tgl 28 September yang lalu terjadi Super Tetrad yang terakhir yaitu bulan menjadi darah dan itu yang paling dekat dengan bumi. Seperti apa yang selalu saya katakan kepada Saudara kalau ada gerhana matahari maupun blood moon yang jatuh pada hari raya orang Yahudi, itu pasti akan ada sesuatu yang terjadi. Kalau blood moon itu bisanya yang terjadi pada orang Israel dan itu sudah ada banyak kejadian-kejadian yang terjadi. Blood moon itu memang sering terjadi tetapi kalau itu pas jatuh pada hari raya orang Yahudi maka pasti akan ada sesuatu yang menimpa orang Yahudi dan itu dampaknya kepada dunia. Tetapi kalau soal gerhana matahari, itu dampaknya kepada dunia.

Mengenai yang tgl 28 saya tidak tahu apa yang terjadi, tetapi saya akan berbicara tentang tgl 13 September dulu. Bulan yang lalu saya telah berbicara bahwa ada seorang yang bernama Jonathan Cahn penulis dari buku “The Harbinger” dan “The Mystery of The Shemitah” menjelaskan dalam bukunya bahwa pada tahun 2001 dan 2008, pada waktu tgl 29 Elul dalam penanggalan orang Yahudi, 2x berturut-turut selama 7 tahun, saham di Amerika turun sehingga perekonomian di Amerika mengalami goncangan! Dan ini dampaknya kepada dunia. Jadi ini ada satu prediksi dimana kalau sampai tgl 29 Elul tahun 2015 yang jatuh pas pada tgl 13 September tersebut dan kalau Tuhan memberikan pola yang sama, maka itu akan terjadi seperti dulu lagi, yaitu terjadi kegoncangan di dunia akibat Amerika mengalami kegoncangan. Tetapi ternyata di Amerika tidak terjadi yang seperti itu, namun yang jelas ketika saya membaca di koran, dikatakan bahwa bulan September Bank Sentral Amerika tidak menaikkan suku bunga acuan. Ini akibatnya akan lebih dahsyat daripada tahun 2001 dan 2008! Saya percaya kalau Saudara seorang pengusaha pasti akan berkata amin! Sekarang banyak ketidakpastian dan tidak tahu harus bagaimana karena tidak adanya patokan dan seperti dibiarkan mengambang begini. Sehingga perekonomian dunia goncang termasuk Indonesia dan masih ditambah lagi dengan RRC. Kemarin ada seorang hamba Tuhan yang bersaksi dan ini saya aminkan. Dia berkata misalnya ada sebuah kolam renang, lalu tiba-tiba ada gajah masuk, kira-kira bagaimana? Air dalam kolam itu pasti akan menyembur keluar dan air yang masih dalam kolam itu pun bergoncang. Dan sekarang ini bukan hanya 1 gajah yang masuk tetapi 2 gajah, kira-kira jadi apa?

Saudara, ini tahun goncangan dan ini tidak main-main terutama dalam bidang ekonomi. Dan kalau sudah dikatakan bahwa bidang ekonomi digoncang maka itu akan merembet ke yang lain-lainnya dan Indonesia pun kena. Saya mau mengajak Saudara dan Saudara harus siap mengatakan amin, ayo berjanji setiap hari berdoa untuk Indonesia. Amin! Berapa menit pun Saudara harus mendoakan Indonesia setiap harinya. Katakan, “Tuhan, berkati Indonesia…berkati Indonesia!”. Saya percaya tidak ada cara lain dan tidak ada seorang pakar atau ahli yang bisa memecahkan masalah ini, hanya DOA! Hanya berdoa, memuji dan menyembah Tuhan bersama-sama dalam unity siang dan malam, itulah yang menjadi cara untuk memecahkan masalah yang terjadi. Amin!

Apakah Saudara percaya Tuhan akan menolong Indonesia? Amin! Itu hanya terjadi kalau kita berdoa. Saya sudah ngomong dimana-mana termasuk di Pastor Message pun saya masukkan, “Ayo berdoa untuk Indonesia!”. Jangan sampai lupa dan saya mau ingatkan ini kepada Saudara setiap kali bertemu sebab kita tidak tahu ini akan berapa lama. Apakah tiba-tiba Tuhan Yesus akan datang, saya juga tidak tahu. Namun yang jelas kita semua sedang mengalami ini, tetapi seperti yang sering saya katakan, tiap kali mendengar kata goncangan Saudara harus aminkan dengan keras serta berkata, “Goncangan boleh datang tetapi saya tahu Tuhan beserta saya!”. Amin!

TAHUN AYIN VAV = KEDATANGAN MESIAS SANGAT DEKAT!

Tuntunan ketiga yang Tuhan berikan adalah tahun ini kita diingatkan bahwa kedatangan Mesias sudah sangat, sangat, sangat dekat! Saya tidak akan bosan-bosannya memberitahu Saudara akan hal ini. Mungkin ada di antara Saudara yang berkata, “Pak Niko selalu menyinggung hal itu”. Puji Tuhan! Karena memang itu isi hati-Nya Tuhan.

Tuhan memberikan pengertian kepada saya bahwa saat-saat ini persis seperti apa yang dituliskan tentang perumpamaan 5 gadis bijaksana dan 5 gadis bodoh. Kalau Saudara membaca dari Matius 25 : 6, disitu dikatakan, Waktu tengah malam terdengarlah suara orang berseru: Mempelai datang! Songsonglah dia! Jadi di tengah malam (waktu-waktu ini adalah tengah malam) ada suara orang yang berseru, “Mempelai datang! Songsonglah dia!”. Saya mau tanya kepada Saudara, pada waktu itu apakah mempelainya langsung datang? Tidak! Pada waktu itu semua gadis terbangun, tetapi 5 gadis bodoh kehabisan minyak. Lalu mereka meminta kepada yang membawa persediaan minyak, tetapi 5 gadis bijaksana berkata, “Tidak mungkin, nanti tidak cukup. Lebih baik beli saja!”. Lalu 5 gadis bodoh pergi mencari minyak dan itu di tengah malam. Saya percaya setiap toko yang menjual minyak pasti digedor-gedor dan waktunya itu cukup lama. Akhirnya mereka mendapatkannya juga, tetapi ketika mereka sudah dapat dan kembali mempelainya sudah datang dan pintu sudah ditutup. Mereka mengetok-ngetok pintu dan berseru, “Tuan, bukakan pintu! Bukakan pintu!”, namun apa yang Sang Mempelai katakan? “Aku tidak pernah kenal kamu! Enyahlah kamu!”. Saudara yang dikasihi Tuhan, itu berakhir dengan tragis. Saya mau beritahu Saudara 1 hal, Saudara jangan sampai disesatkan bahwa setiap orang yang namanya Kristen pasti diangkat! Dari perumpamaan 5 gadis bijaksana dan 5 gadis bodoh saja kita bisa tahu bahwa ada standard tertentu. Harus punya persediaan minyak, itu artinya Saudara harus dalam kondisi penuh Roh Kudus. Hari-hari ini sesungguhnya bagus, disamping saya prihatin dan kasihan khususnya di bidang ekonomi, saya percaya dan berterima kasih kepada Tuhan. Mengapa berterima kasih? Sebab saya dengar dari cabang-cabang kita bahwa sekarang jemaat kalau diajak berdoa menjadi lebih gampang. Pada waktu keadaan enak, ketika jemaat diajak berdoa hanya menjawab, “Ya puji Tuhan, amin!”, tetapi tidak pernah dilakukan. Tetapi sekarang tanpa harus ramai-ramai, begitu diajak berdoa langsung semua menurut. Dan itu juga menjadi bagus untuk mempersiapkan kita yang penuh dengan Roh Kudus. Ini perlu! Dalam keadaan seperti ini kalau Saudara sudah diberikan hati seperti itu, mari kobarkan terus. Sebab sekarang ini sudah terus diperdengarkan suara seperti ini, “Mempelai datang! Songsonglah Dia!”. Dan saya berdoa agar setiap Saudara penuh dengan Roh Kudus. Kalau tidak penuh Roh Kudus, artinya Saudara masih tidak bergairah, mari cepat-cepat dan jangan tunggu lama-lama sebab pada saat Dia datang maka hanya mereka yang mempunyai persediaan minyak yang akan diangkat! Dan saya berdoa agar setiap Saudara mempunyai persediaan minyak. Amin!

TAHUN AYIN VAV BERBICARA TENTANG PAKU ATAU PATOK TENDA

berjagajaga.wordpress.comTahun Ayin Vav, Vav itu berbicara tentang angka 6.

Bentuk Vav ini seperti paku atau patok tenda.

Paku itu digunakan untuk menetapkan dan memastikan sesuatu pada tempatnya. Demikian juga dengan patok tenda, untuk menetapkan dan memastikan tenda itu pada tempatnya.

Tentang patok tenda, saya akan mengajak Saudara membuka Alkitab dalam Yesaya 54 : 2 – 3 sbb,

2Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu! 3Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi.

Saudara, pada tahun 1993 Tuhan berikan ayat ini kepada saya, pada gereja ini. Lapangkanlah tempat kemahmu…kemah atau tenda berbicara tentang gereja ini. Bentangkan tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu! Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi.

Jadi gereja ini disuruh berkembang pada tahun 1993 dan sampai sekarang itu sudah 22 tahun. Saya mau bertanya kepada Saudara apakah hal itu sudah digenapi? Amin! Dari 1 gereja sekarang sudah lebih dari 900 gereja. Dari 400 orang sekarang sudah lebih dari 250.000 orang. Dan itu di dalam negeri, di luar negeri, di kota kecil dan kota besar, apa yang Tuhan berikan ini benar-benar sudah digenapi. Amin!

Sekarang Tuhan ingatkan kepada saya, “....pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu!”, ini berbicara tentang kita diminta untuk mengokohkan doktrin yang benar yang sesuai dengan Alkitab yang seutuhnya. Hari-hari ini kita sedang berbicara ini dan saya akan terus menyampaikan hal ini. Barangkali ada yang bosan dan berkata, “Pak Niko sekarang bicara terus tentang hal ini?”. Ya, karena Tuhan menyuruh saya! Mungkin dalam waktu 1 – 2 tahun saya akan terus ngomong ini sampai kita mendapatkan satu pengertian dan tidak diombang-ambingkan oleh angin pengajaran yang luar biasa dahsyatnya di akhir zaman ini. Kita harus mengokohkan doktrin yang benar sesuai dengan Alkitab yang seutuhnya. Sebab hari-hari ini bukan rahasia lagi kalau Alkitab dipotong, dikurangi, ditambah, ditambal-sulam, dsb. Itu yang sedang terjadi.

Manusia di akhir zaman

Angka 6 atau VAV tadi berbicara tentang angka manusia. Manusia diciptakan pada hari yang ke-6. Dan di akhir zaman yang seperti ini akan ada 2 type orang Kristen. Mari sekarang kita buka dari Wahyu 22 : 11, “Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan diriya!”.

Saya berdoa agar Saudara yang mengerjakan kebenaran biar tambah benar, Saudara hidup dalam kekudusan dan bertambah kudus. Jangan menjadi yang pertama! Ini ada 2 tipe orang Kristen dan saya tahu memang tidak mungkin tidak terjadi yang seperti ini karena Firman Tuhan jelas berkata, “…sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya…” (Matius 7 : 14). Biarlah yang sedikit itu adalah termasuk Saudara dan saya. Amin!

Biarlah kita semua berkata, “Saya mau Tuhan! Saya mau hidup benar dan bertambah benar. Saya mau hidup kudus dan hidup makin kudus!”. AMIN!Wahyu 22.11

Advertisements