MUJIZAT 153 IKAN – MIRACLE OF 153 FISHES

MUJIZAT 153 IKAN – Miracle of 153 Fishes
image

Yohanes 21:1-14 (TB)
Kemudian Yesus menampakkan diri lagi kepada murid-murid-Nya di pantai danau Tiberias dan Ia menampakkan diri sebagai berikut.
Di pantai itu berkumpul Simon Petrus, Tomas yang disebut Didimus, Natanael dari Kana yang di Galilea, anak-anak Zebedeus dan dua orang murid-Nya yang lain.
Kata Simon Petrus kepada mereka: “Aku pergi menangkap ikan.” Kata mereka kepadanya: “Kami pergi juga dengan engkau.” Mereka berangkat lalu naik ke perahu, tetapi malam itu mereka tidak menangkap apa-apa.
Ketika hari mulai siang, Yesus berdiri di pantai; akan tetapi murid-murid itu tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus.
Kata Yesus kepada mereka: “Hai anak-anak, adakah kamu mempunyai lauk-pauk?” Jawab mereka: “Tidak ada.”
Maka kata Yesus kepada mereka: “Tebarkanlah jalamu di sebelah kanan perahu, maka akan kamu peroleh.” Lalu mereka menebarkannya dan mereka tidak dapat menariknya lagi karena banyaknya ikan.
Maka murid yang dikasihi Yesus itu berkata kepada Petrus: “Itu Tuhan.” Ketika Petrus mendengar, bahwa itu adalah Tuhan, maka ia mengenakan pakaiannya, sebab ia tidak berpakaian, lalu terjun ke dalam danau.
Murid-murid yang lain datang dengan perahu karena mereka tidak jauh dari darat, hanya kira-kira dua ratus hasta saja dan mereka menghela jala yang penuh ikan itu.
Ketika mereka tiba di darat, mereka melihat api arang dan di atasnya ikan dan roti.
Kata Yesus kepada mereka: “Bawalah beberapa ikan, yang baru kamu tangkap itu.”
Simon Petrus naik ke perahu lalu menghela jala itu ke darat, penuh ikan-ikan besar: seratus lima puluh tiga ekor banyaknya, dan sungguhpun sebanyak itu, jala itu tidak koyak.
Kata Yesus kepada mereka: “Marilah dan sarapanlah.” Tidak ada di antara murid-murid itu yang berani bertanya kepada-Nya: “Siapakah Engkau?” Sebab mereka tahu, bahwa Ia adalah Tuhan.
Yesus maju ke depan, mengambil roti dan memberikannya kepada mereka, demikian juga ikan itu.
Itulah ketiga kalinya Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya sesudah Ia bangkit dari antara orang mati.
image

Saat itu Petrus dan murid murid yang lain dalam kondisi putus asa, dalam keadaan bingung bimbang mengenai masa depan mereka karena pemimpin mereka yang mereka ikuti ternyata mati di salib.
Mereka kembali mencari ikan tetapi setelah semalam-malaman mereka mencari ikan mereka tidak mendapat seekorpun, keadaan mereka sangat buruk, mereka telah hilang harapan, situasi ekonomi mereka buruk, sepi ga ada order. Tidak dapat ikan satupun.

Di pagi hari tiba-tiba ada yang bertanya kepada mereka dari pantai apakah kalian punya ikan atau lauk pauk ?
image

Kalau saudara jadi murid-murid itu bagaimana perasaan saudara? Jengkel mungkin, pengen marah-marah mungkin,karena mereka tidak dapat ikan di tanya lagi punya ikan atau tidak.
Lalu orang itu berkata lemparkan jalamu ke kanan perahu. Mereka punya pilihan yaitu mau mengikuti apa yang orang itu katakan atau tidak, tetapi mereka mengikutinya dan mereka mendapat banyak ikan.
Tetapi hanya orang yang INTIM dengan Tuhan yang tahu bahwa yang menyuruh mereka itu Tuhan sendiri, Yohanes berkata itu Tuhan, Petrus langsung berenang meninggalkan kapal menemui Tuhan.
Mereka mendapat 153 ikan ini berbicara mereka mendapat mujizat, kelimpahan di tengah keadaan yang buruk. Ditengah perekonomian yang menurun, order yang sepi , tidak ada kangtau , kosong, tidak ada ikan – tiba –tiba karena mereka menurut perkataan Tuhan mereka mendapat 153 ekor ikan , ikan yang banyak. Fokus pada Tuhan.
image

Tetapi 153 ekor ikan juga sebenarnya membawa suatu pewahyuan. Dalam bahasa ibrani huruf dan angka itu sama misalnya Aleph itu A = 1 . Dan arti dari 153 adalah The Son of God, ketika mereka menerima kelimpahan , orang yang mau terbuka terhadap pewahyuan akan mengerti bahwa ditengah segala kelimpahan Tuhan mau menyatakan dirinya adalah Anak Allah.
Ditengah segala kebimbangan , ketakutan , ketidakpastian akan masa depan , Yesus mewahyukan kepada murid-muridNya Akulah Anak Allah yang kamu harapkan, Akulah Tuhan –Adonai yang peduli akan hidup kalian. Akulah Tuhan yang menyediakan, Akulah Tuhan yang menyembuhkan , Akulah Tuhan yang merancangkan hal yang luar biasa untuk masa depanmu !
image

Saudara boleh terima berkat yang berlimpah, mujizat yang besar tapi lewat semua hal itu , seharus nya saudara mengerti dan menangkap pewahyuan yang mau Tuhan berikan yaitu : Dialah Tuhan pemelihara hidupmu, Dialah Tuhan sumber segalanya bagimu !

Miliki hati yang intim, maka anda tidak akan takut menghadapi masa depan. Ditengah segala transisi yang saat ini terjadi tetap carilah Tuhan maka Ia akan menuntunmu melewati semuanya dan ada kelimpahan mujizat multiplikasi dan promosi dalam hidupmu.
image
image

Berjaga-jaga senantiasa untuk menjadi Mempelai Kristus !

Advertisements