MILIKI ‘THE EXCELLENT SPIRIT’

MILIKI ROH YANG LUAR BIASA – The Excellent Spirit –

image

Wow… waktu kita mem-baca Excellent Spirit (roh yang Luar Biasa), saya yakin kita semua pasti ingin memilikinya. Melalui artikel ini, kita pelajari dari kehidupan Daniel yang hidupnya menjadi dampak bagi kerajaan terbesar saat itu yakni Kerajaan Babel.

Daniel 6:3-4
3. membawahi mereka di-angkat pula tiga pejabat tinggi dan Daniel adalah salah satu dari ketiga orang itu; kepada merekalah para wakil-wakil raja harus mem-beri pertanggungan jawab supaya raja jangan dirugikan. 4 Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu karena ia mempunyai roh yang luar biasa dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya.

Daniel 5:12 “karena pada orang itu terdapat roh yang luar biasa dan pengetahuan dan akal budi sehingga dapat menerangkan mimpi, menyingkapkan hal-hal yang tersembunyi dan menguraikan kekusutan…”

Arti kata ‘luar biasa’ dalam bahasa Ibrani adalah ‘unggul’, memiliki kemampuan dan prestasi yang lebih tinggi. Roh yang ada didalam Daniel begitu luar biasa sampai ia menonjol diantara orang-orang seki-tarnya. Raja yang memerintah Kerajaan Babel berganti-ganti, namun kedudukan Daniel selalu meningkat.

Bagaimana caranya agar kita dapat memiliki roh yang luar biasa :

1. Kesetiaan

Daniel 6:5 “Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan terhadap Daniel dalam hal pemerintahan tetapi mereka tidak mendapat alasan apa-pun atau sesuatu kesalahan sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya.”

Kesetiaanlah yang membuat Daniel unggul, lebih menonjol dari semua pejabat dan wakil raja lainnya.

Amsal 20:6 “Banyak orang menyebut diri baik hati tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya?”

Dewasa ini sulit mencari orang yang benar-benar setia; akan tetapi jika ada sifat yang membuat orang menonjol dan mendapat perhatian penuh dari Allah adalah kesetiaan.

Mazmur 101:6 “Mataku tertuju kepada orang-orang yang setiawan di negeri supaya mereka diam bersama-sama dengan aku…”

2. Ketetapan Hati

Daniel 1:8 “Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja; dimintanyalah kepada pemimpin pegawai istana itu supaya ia tak usah menajiskan dirinya.”

Pada saat itu Daniel termasuk pemuda yang dibuang ke Babel dan dipilih untuk bekerja di istana Raja Nebukadnesar. Dalam kenikmatan makanan di istana raja, Daniel mempunyai ketetapan hati untuk tidak menajiskan dirinya terhadap makanan-makanan tersebut, Daniel bertindak melawan arus.

Ketetapan hati terhadap mulut. Mulut adalah organ kecil yang berpengaruh be-sar. Melalui mulut (perkataan), orang bisa dikuatkan atau dilemahkan. Silence is golden – diam itu emas; sedikit bicara, banyak bekerja dan juga terhadap apa yang kita makan atau minum karena segala sesuatu yang berlebi-han itu tidak baik.

Ketetapan hati terhadap mata. Kelemahan seorang laki-laki adalah matanya, apa yang dia lihat? Ayub 31:1

“Aku telah menetapkan syarat bagi mataku, masakan aku memperhatikan anak dara?”

Ketetapan hati terhadap telinga. Banyak informasi yang didengar dan kita harus segera menghapus yang tidak berguna. ‘Iman datang dari pendengaran, pendengaran akan Firman Tuhan.’

Ketetapan hati untuk men-jaga hati. Amsal 4:23 “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan karena dari situlah terpancar kehidupan.”

Kain membunuh adiknya (Habel); Yusuf dimasukkan sumur dan dijual sebagai budak oleh kakak-kakaknya, semua karena iri hati.

Orang yang memiliki ketetapan hati, pasti mempunyai prinsip sehingga tidak mudah diombang-ambingkan oleh pendapat orang lain dan mere-ka akan membuat terobosan – terobosan dalam hidupnya.

Daniel 1:20 “Dalam tiap-tiap hal yang memerlukan kebijaksanaan dan pengertian, yang ditanyakan raja kepada mereka, didapatinya bahwa mereka sepuluh kali lebih cerdas dari pada semua orang berilmu dan semua ahli jampi di seluruh kerajaannya.”

3. Memiliki Kehidupan Doa

Daniel 6:11 “Demi didengar Daniel bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yeru-salem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya seperti yang biasa dilakukannya”.

Daniel memiliki persekutuan pribadi dan bergaul akrab dengan Allah dalam doa.

Daniel hidup di masa pemerintahan empat orang raja yang berbeda, yaitu raja Nebukadnezar, Raja Beltsazar (anak raja Nebukadnezar), raja Darius dan raja Koresy. Setiap kali seorang raja baru naik tahta, selalu Daniel yang dicari. Di mata para raja ini, Daniel melebihi pejabat tinggi dan para wakil raja.

Mengapa? Sebab Daniel memiliki roh yang luar biasa, rohnya menarik, sikapnya menarik dan selalu diingat orang. Daniel disukai bukan sekedar karena dia pekerja keras yang rajin, tetapi karena dia memiliki roh yang luar biasa.

Daniel 5:12 (TB)  karena pada orang itu terdapat roh yang luar biasa dan pengetahuan dan akal budi, sehingga dapat menerangkan mimpi, menyingkapkan hal-hal yang tersembunyi dan menguraikan kekusutan, yakni pada Daniel yang dinamai Beltsazar oleh raja. Baiklah sekarang Daniel dipanggil dan ia akan memberitahukan maknanya!”

Daniel 5:12  Because an excellent spirit, knowledge, and understanding to interpret dreams, clarify riddles, and solve knotty problems were found in this same Daniel, whom the king named Belteshazzar. Now let Daniel be called, and he will show the interpretation.

Daniel 6:3 (TB)  (6:4) Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya.

Daniel 6:3  Then this Daniel was distinguished above the presidents and the satraps because an excellent spirit was in him, and the king thought to set him over the whole realm.

Apakah roh yang luar biasa itu? Roh luar biasa adalah roh yang akan menghujani kita dengan kemurahan-kemurahan Tuhan. Anda akan dihargai, dibuat indah, selalu ditempatkan nomor satu, melakukan lebih dari rata-rata. Roh ini akan membuat Anda menuai 100 kali lipat dari taburan-taburan yang Anda berikan!

Tentu Anda ingin memiliki roh berkualitas seperti ini. Tetapi, bagaimana caranya? Marilah kita lihat gaya hidup Daniel setiap hari:

Daniel Hidup Sesuai Dengan Firman Tuhan

Awal dari segala berkat yang Daniel terima adalah sewaktu dia membuat keputusan untuk tidak hidup menurut standar dunia.

Daniel 1:8
Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja; dimintanyalah kepada pemimpin pegawai istana itu, supaya ia tak usah menajiskan dirinya.

Daniel Percaya Akan Kemurahan Tuhan

Hidup Daniel penuh dengan kemurahan Tuhan karena dia mengharapkannya. Kemurahan tidak akan datang apabila Anda tidak mempunyai iman akan kemurahan tersebut.

Daniel 1:9
Maka Allah mengaruniakan kepada Daniel kasih dan sayang dari pemimpin pegawai istana itu.

Daniel Hidup Berdasarkan Pengertian

Kemurahan Tuhan atas Daniel banyak turun dalam bentuk kebijakan dan kepandaian.

Daniel 1:17
Kepada keempat orang muda itu Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat, sedang Daniel juga mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi.

Daniel Mempunyai Gaya Hidup Berdoa

Doa adalah rahasia untuk Anda bisa mempunyai roh yang luar biasa. Doa jugalah yang membuat Daniel taat sewaktu dia mau dibuang ke gua singa.
image

Daniel 2:16-18
Maka Daniel menghadap raja dan meminta kepadanya, supaya ia diberi waktu untuk memberitahukan makna itu kepada raja. Kemudian pulanglah Daniel dan memberitahukan hal itu kepada Hananya, Misael dan Azarya, teman-temannya, dengan maksud supaya mereka memohon kasih sayang kepada Allah semesta langit mengenai rahasia itu, supaya Daniel dan teman-temannya jangan dilenyapkan bersama-sama orang-orang bijaksana yang lain di Babel.
Daniel Punya Iman Untuk Mendapatkan Hanya Yang Terbaik Dari Tuhan

Daniel 6:29
Dan Daniel ini mempunyai kedudukan tinggi pada zaman pemerintahan Darius dan pada zaman pemerintahan Koresy, orang Persia itu.
Dalam bahasa Inggris dikatakan: “God prospered Daniel and he was made to be one of the government official.” Daniel bisa tetap taat  melakukan instruksi Tuhan baginya, karena dia percaya bahwa Tuhan hanya akan memberikan yang terbaik baginya. Kejar hadirat Tuhan dan hikmat Allah…

Seperti Daniel, kita pun bisa hidup dengan roh yang luar biasa atau Spirit of Excellent. Kembangkan gaya hidup kita  seperti Daniel. Tuhan rindu melihat kita mendapatkan perkenanan Tuhan dan senantiasa berjaga-jaga dan mempersiapkan diri untuk menjadi Mempelai Kristus.

image

Advertisements