Saham Mulai Terjun Bebas saat ini persis dengan keadaan Krisis Ekonomi Terakhir

Saham Mulai Terjun Bebas saat ini persis dengan keadaan Krisis Ekonomi Terakhir.

Stock Market Crash Bear - Public Domain

Pernahkah anda mendengar pembicaraan ini mengenai,”Jual saham di bulan Mei dan tinggalkan” ?

Biasanya masa waktunya saham mengalami titik terlemah antara bulan Mei sampai Oktober. Dan pada kenyataannya secara rata-rata saham mengalami titik yang terendah pada tanggal 27 Oktober dalam masa setahun. Dan kebanyakan orang-orang tidak menyadarinya dan mengingatnya, tapi Dow Jones Industrial Average selalu melakukan tindakan yang tepat pada saat-saat seperti ini seperti pada krisis ekonomi 2008. Kebanyakan orang mengingat saat kejatuhan harga saham yang sangat parah pada musim gugur di tahun tersebut, padahal kenyataan yang benar adalah pasar saham mulai bergerak menurun saat bulan Mei. Selama 4,5 bulan pertama dari tahun 2008, saham bergerak naik turun pada range yang tipis, dan Dow Jones menutup dengan jangka waktu singkat yang tertinggi di 13,028.16 pada tanggal 19 Mei. Sejak saat itu, pergerakannya selalu meluncur turun selama sisa tahun itu. Apakah hal ini akan terjadi dengan hal yang sama pada tahun 2015 yang mana kita saat ini sedang mendekati sebuah keadaan Krisis Ekonomi yang Berat ?

Sejak tgl 20 Maret, Dow Jones Transportation Average mulai menurun hampir 800 point. Apakah mereka yang biasanya sangat peka akan keadaan krisis ini  juga mengalami krisis ? Ya, kita akan melihatnya nanti, saat ini Dow Jones Industrial Average juga akan mengalami hal yang sama, mereka mengalami penurunan 190 point saat hari selasa. Tanda-tanda akan terjadi masalah sudah bermunculan dimana-mana, dan “smart money” sudah mulai keluar dan semakin berjalan baik.

Dibawah ini ada chart menunjukkan Dow Jones Industrial Average selama tahun 2008. Kita dapat lihat bahwa saham mulai merambat turun saat krisis ekonomi saat itu berlangsung. Dari 19 Mei sampai awal Juli, Dow Jones turun sampai hampir 2,000 point. Apakah kita melihat pola yang sama di tahun ini ?

Dow Jones Industrial Average 2008

Seperti yang saya katakan di awal artikel ini, lampu merah dan pesan-pesan warning sudah bermunculan di semua bagian. Demikian ada beberapa yang sedang terjadi saat ini :

– Pada hari Selasa, the VIX ( pengukur pergerakan pasar secara detail) mengalamj pergerakan melonjak dengan persentasi tertinggi yang pernah kita lihat selama tahun 2015.  Seperti yang saya pernah katakan, pasar akan terlihat mengalami kenaikan saat keadaan pasar tenang dan akan terlihat menurun saat pasar terjadi pergolakan. Dan pada kenyataannya saat ini keadaan dunia sedang mengalamk pergolakan, dan itu adalah tanda yang tidak baik.

– Mata uang US Dollar malah meningkat tinggi. Pada kenyataannya, kita menyaksikan kenaikan tertinggi selama 7 hari terhadap mata uang US Dollar sejak jatuhnya perusahaan Lehman Brothers. Inilah adalah suatu indikasi akan terjadinya masalah besar kedepan.

– Krisis yang sedang terjadi di Yunani, mengakibatkan Euro menurun kembali. Dan ini akan semakin menurun secara intensif terhadap Krisis perekonomian Eropa yang semakin memanas…

– Di Amerika, pemesanan barang-barang menurun selama 4 bulan berturut-turut dan selama setahun ini semakin menurun, ini biasanya sinyal atau pertanda akan memasuki resesi.

– Setelah keadaan membaik sedikit, harga minyak mentah kembali terjun bebas. Baru selama sebulan menurun, sejumlah produksi minyak tertunda selama 24 minggu berturut-turut. Sekali lagi, ini adalah tanda-tanda yang sama seperti krisis tahun 2008 dulu.

– Dan bukan hanya harga minyak saja yang menurun. Seluruh harga komoditi juga ikut menurun. Ini menunjukkan  deflasi ekonomi yang menurun.

Semua ini dapat kita pelajari dari tanda-tanda yang terjadi sebelum krisis ekonomi terjadi, tapi banyak orang yang tidak memperdulikannya !

Baiklah kita sebagai Anak Tuhan juga harus memiliki hikmat dan kecerdasan dalam melakukan segala sesuatu… berjaga-jagalah dan bersiap-siaplah …

Karena guncangan dari bidang ekonomi sudah dimulai dan akan semakin memanas, jangan menjadi pribadi yang tidak peka dan tidak berjaga-jaga…

Tuhan Yesus memberkati

Advertisements