Minions and despicable 3

7 Misteri Illuminati dalam Film Minions 2015 dan Seri Despicable Me ini Bakal Buat Kamu Tersedak!

minions-all

Film Minions 2015 dan seri Despicable Me menuai sukses yang luar biasa. Namun ada anggapan bahwa film-film ini berkaitan dengan misteri illuminati.

Kejutan “Terima Kasih” Dalam Minions 2015

Tentu bagi kamu pencinta film tidak asing dengan Minions. Bila dikatakan ada pesan tersembunyi dalam film Minions, mungkin akan terdengar aneh. Pasalnya film tersebut termasuk kategori film animasi anak yang kocak. Anak-anak pun lebih cenderung ramai membicarakan karekter Minions yang menarik menurut mereka dibanding pesan yang konon katanya tersimpan dalam film tersebut.

Akan tetapi, bila diamati lebih lanjut, ternyata Despicable Me (yang merupakan debut perdana para minions) merupakan film animasi pertama yang dirilis Illumination Entertaiment. Meskipun berstatus film animasi perdana, film ini sukses memberikan pundi-pundi uang dan disukai banyak orang. Penggemar film ini pun tidak hanya anak-anak.

Kamu yang sudah nonton film terbaru Minions pasti tahu, bahwa disana dikisahkan mereka merupakan makhluk abadi. Minions sudah ada bahkan sejak jaman purba sampai sekarang. Minions hidup kekal tidak bisa mati. Minions selalu saja mencari sosok yang dapat dijadikan pemimpin jahat, hingga akhirnya mereka menemukan Gru. Lanjutnya, bila diperhatikan tentang minions yang memiliki satu mata, atau istilah lainnya one eye, yang ternyata merupakan lambang dari organisasi rahasia, Illuminati.

Lantas apa pesan yang tersembunyi dalam film Minions? Tentu cukup menarik untuk dikupas bukan. Karenanya berikut kita bedah misteri illuminati yang tersembunyi dalam film Minions.

1. Pelayan, Antek, dan Kaki Tangan Penjahat!

minions-side

Film Minions 2015 menceritakan asal muasal Minions, makhluk cebol berwarna kuning nan lucu. Diceritakan bahwa para minions ini adalah makhluk yang abadi yang diciptakan setelah langit dan bumi ada. Artinya minions ini adalah salah satu makhluk yang pertama kali diciptakan Tuhan. Padahal di antara makhluk-makhluk yang pertama kali diciptakan Tuhan adalah Malaikat dan Iblis.

Kemudian apa tujuan dari makhluk-makhluk abadi ini? Sesuai namanya, yang bila diartikan dalam bahasa Indonesia bermakna antek, pelayan, atau kaki tangan. Minions ini adalah antek, pelayan, atau kaki tangan. Tapi antek siapa? Pelayan siapa?

Diceritakan dalam film, bahwa para minions ini mencari sosok paling jahat, paling kejam, untuk dijadikan pemimpin. Mulai dari T-Rex di jaman Dinosaurus, Fir’aun, Dracula, Napoleon, sampai akhirnya mereka bertemu dengan Scarlet Overkill, dan Gru di Despicable Me.

Silakah dicerna sendiri… yah. Para minions ini adalah antek, pelayan, sekaligus kaki tangan penjahat. Sayangnya justru karakter minions yang menjadi kaki tangan penjahat malah disenangi oleh anak-anak karena dikemas dalam tampilan lucu dan suara yang aneh.

Padahal bila dipikirkan kembali minions bukan karakter yang layak untuk di idolakan dong?

minions-stupid

2. Mata Satu Minions

minions-logo

Para minions ini memiliki wujud cebol dan lucu. Di samping lucu, ternyata beberapa minion hanya punya satu mata atau bermata satu (one eye). Karakter Minions bermata satu ini yang kemudian dihubungkan dengan lambang Illuminati.

Lambang mata satu ini merujuk pada Illuminati yang merupakan kelompok rahasia pada era pencerahan, sekitar abad ke-18. Illuminati sebenarnya merupakan nama yang diberikan pada beberapa kelompok. Pengetahuan menjadi segala-galanya dalam Illuminati dan tidak ada yang disebut dengan misteri Tuhan. Adapun pengetahuan tersebut dilambangkan dengan mata.

Karakter mata satu minions ini juga dihubungkan dengan Mata Tuhan (The Whole Seeing-Eye) atau cerita dari legenda Mesir (Eye of Horus) yang berhubungan dengan simbol dari iblis (Lucifer).

Lalu siapakah studio pembuat film ini?

Illumination Entertainment!

illuminati-on-entertainment

Illuminati on Entertainment

Terang-terangan. Yap, di awal film kamu pun bisa melihat tulisan Illuminati. In your face! (Muke lu)

3. Tercelanya Aku!

despicable-me

Film Minions adalah prekuel dari Despicable Me dan Despicable Me 2. Kamu tau ga arti dari Despicable Me?

Dalam bahasa Indonesia, Despicable berarti Tercela, Hina, Keji, atau yang patut dibenci. Jadi arti Despicable Me yang sesungguhnya adalah “Tercelanya Aku” atau “Terkejinya Diriku”.

Apa maksud dari judul ini? Apakah film ini ingin menggambarkan sosok seorang penjahat dari Gru (tokoh utama Despicable Me)? Terus terang makna dari kata Despicable Me ini cukup mengganggu.

Bagaimana pendapatmu jika ada sebuah film animasi anak-anak dengan judul “Terkejinya Diriku”? Apakah ini adalah sebuah ajakan? Berbahayakah bila anak kita menyebut dirinya “keji” dengan wajah berbinar-binar karena mengganggap filmnya lucu? Apakah ini yang diinginkan dari film tersebut?

Inilah mengapa dikatakan ada misteri iluminati dalam film Minions 2015 dan Despicable Me. Apapun tujuan dibalik pemilihan judul tersebut bila dipikirkan lebih masak judul tersebut tidak pantas sebagai judul film animasi anak. Bila setiap anak mengucapkan judul film tersebut berarti secara tidak langsung anak-anak akan menyebut dirinya keji.

4. Piramida

despicable-me-pyramidsminions-pyramid

Dalam film Minions 2015 maupun Despicable Me terdapat scene yang terkait dengan piramida. Mengapa harus piramida dan tidak yang lainnya? Toh masih ada The Great Wall di Cina atau Menara Eiffel yang melegenda di Paris. Adapun piramida terpilih karena merupakan simbol dari Illuminati. Hadirnya simbol-simbol Illuminati dalam film animasi anak bisa jadi sebuah langkah membuat anak akrab dengan simbol tersebut.

5. Bank of Evil

bank-of-evil


Film Minions 2015 Jadi Debut Perdana Sandra Bullock Sebagai Tokoh Jahat

Dalam cerita Despicable Me, dikisahkan Gru meminjam uang dari Bank of Evil untuk projek mencuri bulan. Seperti yang sering kita alami, para kapitalisme pasti menguasai Bank. Sehingga sesuai dari nama bank itu, Bank of Evil. yang artinya, Bank Kejahatan, seorang penjahat seperti Gru pun sulit meminjam uang dari Bank of Evil.

Sekilas nama Bank of Evil terasa biasa saja. Toh film ini memang bercerita tentang tema kejahatan yang diselipi di tiap nama-nama dan perilaku tokohnya, namun dibungkus dengan keindahan animasi canggih dan warna-warni yang menarik.

Tapi pernahkan kamu amati tulisan di bawah Bank of Evil?

formerly-lehman

Formerly Lehman Brothers

Artinya adalah: Sebelumnya Lehman Brothers. Siapakah Lehman Brothers? Kenapa tokoh ini tidak muncul dalam film?

lehman-brothers

Lehman Brothers adalah sebuah perusahaan jasa keuangan global yang betul-betul ada di Amerika Serikat. Lehman Brothers dulunya adalah bank investasi terbesar keempat di Amerika Serikat (setelah Goldman Sachs, Morgan Stanley, dan Merrill Lynch).

Pada tanggal 15 September 2008, Lehman Brothers dinyatakan bangkrut. Hal ini disusul oleh eksodus besar-besaran sebagian besar klien, kerugian drastis dalam saham, dan berakhir dengan devaluasi aset oleh lembaga kredit. Kebangkrutan Lehman Brothers ini adalah yang terbesar dalam sejarah Amerika Serikat, dan selalu dikaitkan dengan krisis keuangan global akhir tahun 2000-an.

lehman-collapse

Apa kaitannya hal ini dengan misteri illuminati? Oh, tentu ada! Lehman Brothers berasal dari Rimpar, Bavaria. Ayah mereka adalah seorang pedagang sapi Yahudi yang merantau ke Alabama, Amerika Serikat. Keluarga Yahudi yang terdiri dari tiga bersaudara ini, Henry, Emanuel dan Mayer Lehman, mengembangkan usaha dan sukses di Amerika Serikat sejak tahun 1847 hingga kebangkrutannya tahun 2008. Generasi Lehman mengecewakan Yahudi Amerika, sehingga menjadi bahan olok-olok dalam penggambaran Bank of Evil di film Despicable Me.

6. Dr. Nefario

nefario

Ada karakter dalam film Despicable Me, yakni Dr. Nefario yang merupakan dokter kepercayaan Gru. Dr. Nefario ditokohkan sebagai ilmuwan yang mampu membuat beragam senjata. Namun, bila kamu mencari tahu apa arti kata Nefario, mungkin akan paham.

Nefario diambil dari kata nefarios dalam bahasa Inggris atau Nefarius dalam bahasa latin yang memiliki arti jahat, kejahatan, penuh dosa.

Duh, sadis betul ya penamaan-penamaan dalam film ini?

Ok, kamu sudah mengenal Dr. Nefario. Lalu siapakah Gru Sebenarnya?

 

7. Siapakah Gru Sebenarnya?!

Para minions ini adalah abdi setia tokoh jahat bernama Gru, yang merupakan tokoh utama seri Despicable Me.

Siapakah Gru sebenarnya?

gru-crowley


Kupas Kontroversi Taksi Uber di DKI Jakarta

Bisakah kamu melihat kemiripan kedua gambar di atas? Dia adalah Aleister Crowley.

Apakah hanya suatu kebetulan jika Gru digambarkan mirip dengan Aleister Crowley? Siapa sebetulnya Aleister Crowley?

Aleister Crowley adalah seorang pesulap mistik, okultis, dan pendiri agama Satanisme yang lahir di tahun 1875. Dia juga dikenal dengan julukan Frater Perdurabo, The Great Beast 666, dan oleh media massa Inggris disebut The Wickest Man in the World, alias Manusia Paling Jahat di Muka Bumi. Prinsip dan moto hidupnya yang sangat termahsyur adalah “Do What Thou Wilt Shall Be The Whole Of The Law.”

Pengaruh berbagai agama dan kebudayaan menjadi dasar agama baru Aleister Crowley. Pada tahun 1896, Crowley mulai mendalami okultisme dan mistisisme. Di tahun 1904, Crowley mengalami berbagai macam pengalaman spiritual, dan akhirnya pada tanggal 8, 9 dan 10 April tahun 1904, persis jam 12 hingga jam 1 selama tiga hari itu, Crowley mendengar suara dari entitas bernama Aiwass, yang memberikan ‘wahyu’, yang sekarang ini dikenal sebagai Liber AL vel Legis, yang juga dikenal dengan nama The Book of The Law atau Kitab Hukum.

Dengan kitab ini, Crowley memproklamirkan bahwa manusia sudah memasuki sebuah jaman baru, di mana hukum dari aliran agama lama sudah tidak berlaku lagi. Kitab Hukum ini adalah hukum baru yang melandasi setiap orang di dunia ini untuk memperoleh pencapaian puncak spiritualitasnya. Crowley mendapat banyak pengikut yang datang dan pergi, meski banyak juga yang berseberangan jalan dengannya.

Aleister Crowley meninggal di akhir tahun 1947. Meski demikian, ajaran sesatnya tetap ada. Dia dianggap sebagai GURU utama musik rock dan metal. Beberapa musisi besar dunia ternyata pengagum Crowley. Di antaranya adalah Rolling Stone, Led Zeppelin, The Doors, Ozzy Osbourne, bahkan termasuk The Beatles, yang memajang wajah Crowley pada cover album Sgt. Peper.

grucrowley

Kembali ke pertanyaan yang belum terjawab, apakah hanya suatu kebetulan jika Gru digambarkan mirip dengan Aleister Crowley?

Saya yakin hal ini bukan sebuah kebetulan. Tentu ada misi terselubung di film Despicable Me dan Minions yang menghadirkan sang tokoh utama, Gru, sebagai pengganti sosok Aleister Crowley.

Lalu apakah seorang Crowley dalam bentuk Gru di film ini berbahaya? Kita melihat di film Despicable Me, Gru adalah penjahat, yang kemudian menjadi ayah yang baik, serta menjadi seorang pahlawan. Mungkinkah ini yang diinginkan? Menjadikan Aleister Crowley sebagai sosok pahlawan bagi anak-anak kita, menuju dunia yang mereka inginkan?

Masih belum percaya ada misteri illuminati dalam Despicable Me dan Minions?

BONUS!!

8. Lambang Gru

gru-labs-logoPercayakah kamu kalau logo atau lambang Gru Labs mengadaptasi simbol Freemason, yang merupakan salah satu kumpulan yang bergerak di bawah Illuminati?Simbol Freemason yang banyak dikenal luas adalah adalah sebuah jangka dan penggaris busur dengan huruf G di tengahnya. Dalam buku “Morals and Dogma” yang dianggap sebagai kitab suci freemason, lambang jangka berarti Ketuhanan yang Kreatif, sedangkan penggaris busur adalah Bumi dan Alam Semesta.Huruf G di tengah belakangan dihilangkan. Tapi apa makna huruf G tersebut? Beberapa percaya huruf G itu adalah kependekan dari “God”, ada juga yang menyebutkan kalau G itu bermakna “Goodness”. Salah satu teori yang paling populer G itu adalah “Geometry”, sebuah dasar matematika yang melahirkan legenda Freemason.

freemason-symbol-1 freemason-symbol-2 freemason-symbol-3 gru-labs

Dalam film Despicable Me, huruf G di lambang Gru Labs ini bisa disebut sebagai Gru, yang juga berarti GURU. Bila kita perhatikan dari jauh, lambang ini juga akan berbentuk mata satu, The Whole seeing Eye atau Eye of Horus.

Sebetulnya masih banyak lagi pesan dalam film Minions dan Despicable Me yang bisa dihubung-hubungkan bin cocokologi dengan misteri illuminati. Apakah film-film ada hubungannya dengan kejahatan untuk membentuk dan menguasai dunia baru? Entahlah. Yang pasti, tanda-tanda tersebut bukan suatu kebetulan. Minions dan Despicable Me memang menghibur, tapi tidak ada salahnya kalau kita tetap waspada.

Advertisements