IT IS WELL WITH MY SOUL

It Is Well With My Soul

image

Hidup yang Sukses

Horatio Gates Spafford (1828-1888) lahir dan dibesarkan di negara bagian New York. Ketika dia sudah dewasa pindah ke Chicago. Di kota itu dia menjadi seorang pengacara terkemuka di Chicago dan seorang pengusaha yang telah berinvestasi dalam real estate kota. Spafford menjadi orang yang terkenal di abad ke-19. Bukan hanya seorang yang sukses dengan bisnis, tetapi dia juga merupakan seorang Kristen yang cinta akan Tuhan. Spafford dan istrinya, Anna melayani sebagai seorang guru Sekolah Minggu, pemimpin kaum muda, dan anggota dewan pengurus seminari. Mereka adalah pendukung (sponsor) dan donatur dari D.L. Moody, seorang pengkotbah terkenal. Ketika ada KKR di kota Chicago yang akan diadakan oleh beliau, keempat anak Spafford menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi.

Awal Bencana

Sekitar tahun 1870-an Spafford mengalami satu proses di dalam hidupnya. Berbagai bencana menerpa keluarga Spafford secara beruntun.

Tahun 1870, anak laki-laki satu-satunya meninggal karena panas tinggi yang disebabkan karena demam berdarah. Mereka sekeluarga merasa tergoncang akan kejadian ini.

Tahun 1871, terjadi ‘Great Chicago Fire’ kebakaran hebat yang menyapu kota pada tanggal 8-10 Oktober 1871 yang menewaskan 250 orang, sekitar 90.000 keluarga kehilangan rumah hingga sepertiga dari kota itu hancur. Kebakaran itu menghancurkan hampir semua miliknya. Selama dua tahun Spafford dan istrinya bekerja tanpa lelah untuk membantu korban kebakaran dan membangun kehidupan mereka bersama-sama. Usaha dagangnya mengalami kemunduran dan kesehatan Anna Spafford mulai terganggu. Dalam keadaan seperti itu, Spafford dan keluarganya membutuhkan istirahat. Akhirnya mereka memutuskan untuk pergi ke Eropa.

th

Tahun 1873, Spafford, istri dan keempat anaknya memutuskan untuk pergi berlibur ke Eropa sekalian mengikuti KKR yang diadakan oleh D.L Moody. Di detik-detik keberangkatannya dia menunda kepergiannya ke Eropa dan kembali ke Chicago karena urusan bisnis. Terpaksa dia membatalkan kepergiannya. Tidak ingin mengganggu liburan keluarganya. Spafford membujuk istri dan anak-anaknya untuk tetap melanjutkan liburan menurut rencana semula, karena tidak ada alasan baginya untuk menunda kepergian istri dan keempat anak-anaknya yaitu Annie (11 tahun), Margareth Lee ‘Maggie’ (9 tahun), Elisabeth ‘Bassie’ (5 tahun) dan Tanetta tua (2 tahun) untuk pergi ke Eropa.

Pelayaran yang Naas

Anna Spafford, empat putrinya, pengasuh anak-anak dan dua orang lain mereka naik kapal uap

Prancis ‘Ville du Havre’ pada tanggal 22 November 1873, bersama dengan 307 penumpang lain dan awak. Awalnya kapal laut ini berlayar dengan mulus sampai mendekati pantai Irlandia.

Pada sekitar pukul 02:00 pada tanggal 22 November 1873, di bagian timur Atlantik Utara, ‘Ville du Havre’ bertabrakan dengan besi pemotong Inggris ‘Loch Earn’. Dalam keadaan panik, Anna

Spafford segera mengumpulkan keempat anak perempuannya. Di atas geladak yang sudah miring, mereka berlutut dan berdoa. Mereka memohon keselamatan dari Tuhan , tetapi kalau hal itu tidak mungkin, mereka minta dipersiapkan untuk menghadapi maut.

Kapal ‘Ville du Havre’ tenggelam dalam 12 menit saja dan kapal itu lenyap dari pandangan ditelan ombak samudera raya. Beberapa jam kemudian seorang pelaut berlayar ke tempat tenggelamnya kapal itu. Ia menemukan Anna Spafford masih terapung-apung di atas air, lalu ia menariknya ke atas perahu. Ternyata hanya 87 jiwa yang selamat dan 226 orang tewas, termasuk empat anak perempuan Spafford. Di antara yang selamat adalah Anna Spafford dan pengasuhnya. Hari berikutnya, AS Tremontain kapal mencapai TKP, dan menyelamatkan Ville du Havre. Penumpang dipindahkan dari Loch Earn ke Tremontain, yang membawa mereka ke Cardiff, Wales.

Kabar Kecelakaan

Sementara itu di Chacago, Spafford mendengar kabar tentang hilangnya kapal ‘Ville du Havre’ meski berita itu masih terpenggal-penggal.

Kemudian ia menerima telegram dari istrinya bunyinya pendek ‘SAVE ALONE’ (’Selamat… Seorang diri).

spafford-telegram

Mendengar berita itu, hancurlah hati Spafford. Ia tidak hanya berdukacita atas meninggalnya keempat anak perempuannya, ia juga merasa bersalah karena tidak pergi bersama-sama mereka di kapal.

Di tengah dukacita dan godaan yang tak terkatakan, iman sang ayah kepada Tuhan memungkinkan dirinya tetap mempunyai kedamaian di hati. Ia yakin bahwa keempat anaknya beriman teguh.

Segera dia berangkat menemui istrinya. Kapal yang ditumpanginya membawa Spafford ke dekat tenggelamnya kapal ‘Ville du Havre.’ Spafford sempat memandangi samudera raya yang menjadi kuburan keempat putrinya.

Malam itu, di kabinnya, dalam kesedihan yang mendalam bercampur dengan iman yang teguh dalam kebaikan Allah menyebabkan Spafford untuk menulis sebuah himne yang paling terkenal sepanjang masa. “It is Well with My Soul” lagu ini berbicara bahwa apa pun yang terjadi dalam hidup ini, baik susah ataupun senang yang dialami oleh kita, hati kita tetap tenang.

0001

Nyanyian itu Mulai Tersebar

Di akhir tahun 1876, Spafford dan isrtinya kembali ke Eropa dan menetap di Chicago. D.L. Moody kembali mengadakan KKR di situ.

Ketika rombongan penginjil mengunjungi rumah keluarga Spafford, kepada mereka diperlihatkan syair yang ditulis oleh Spafford di tengah kedukaannya. Dalam rombongan itu ada

seorang penyanyi yang bernama Philip B. Bliss. Dengan tanggap dia meleng-kapi syair karangan Spafford dengan melodi yang indah. Philips P. Bliss memperkenalkan nyanyian itu dalam suatu KKR yang sedang berlangsung. Mulai saat itu hingga sekarang, orang-orang sangat menyukai nyanyian itu.

Di hari Natal 1876, Philips P. Bliss dengan istrinya mengalami kecelakaan kereta api, pada saat mereka hendak menengok ibunya di Pennsylavia. Dalam malapetaka besar ini mayat mereka tidak pernah ditemukan, yang ditemukan hanyalah sebuah koper milik mereka yang berisi lagu-lagu ciptaan Philips P. Bliss.  Anna Spaffor , Horatio Gates Spafford

Ilustrasi kecelakaan kapal “ Ville du Havre”
The Great Chicago Fire 1871

Memulai Kehidupan yang Baru

Setelah apa yang terjadi, Spafford memiliki 3 orang anak. Pada tanggal 11 Februari 1880, putra tunggal mereka yang bernama Horatio Spafford Goertner, meninggal pada usia empat tahun,

dari pneumonia (peradangan di paru-paru). Putri mereka Bertha Hedges Spafford (lahir 24 Maret 1878) dan Grace Spafford (lahir 18 Januari 1881).

Agustus 1881, Spafford berangkat ke Yerusalem bersama dengan istri dan anak-anaknya.

Mereka menemukan sebuah kelompok yang disebut ‘Coloni America’ yang misinya untuk melayani masyarakat miskin. Spafford meninggal pada tahun 1888 di usinya 60 tahun karena penyakit Malaria yang dideritanya.

Di dalam Alkitab juga ada seorang yang bernama Ayub yang mengalami penderitaan berat dalam hidupnya, Ayub bertahan dan mempercayai Tuhan, dia tidak berbuat dosa dengan bibirnya selama penderitaan itu. Diakhir hidupnya Tuhan memulihkan keadaan Ayub dan Tuhan memberikan dua kali lipat dari segala kepunyaannya dahulu. Amin

It Is Well With My Soul
(Original lyrics)[1]

When peace like a river, attendeth my way,
When sorrows like sea billows roll;
Whatever my lot, Thou hast taught me to know,a
It is well, it is well, with my soul.

Refrain:
It is well, (it is well),
With my soul, (with my soul)
It is well, it is well, with my soul.

Though Satan should buffet, though trials should come,
Let this blest assurance control,
That Christ has regarded my helpless estate,
And hath shed His own blood for my soul.

My sin, oh, the bliss of this glorious thought!
My sin, not in part but the whole,
Is nailed to the cross, and I bear it no more,
Praise the Lord, praise the Lord, O my soul!

For me, be it Christ, be it Christ hence to live:
If Jordan above me shall roll,
No pang shall be mine, for in death as in life,
Thou wilt whisper Thy peace to my soul.

But Lord, ’tis for Thee, for Thy coming we wait,
The sky, not the grave, is our goal;
Oh, trump of the angel! Oh, voice of the Lord!
Blessed hope, blessed rest of my soul.

And Lord, haste the day when my faith shall be sight,
The clouds be rolled back as a scroll;
The trump shall resound, and the Lord shall descend,
A song in the night, oh my soul !

Daftar Pustaka :

http://en.wikipedia.orghttp://www.christians.comhttp://www.rootsweb.ancestry.com

– Kisah nyata di balik lagu pilihan’ – LLB

Advertisements