[CLASSIFIED] Proyek Mind Control CIA “Project MK-Ultra”

[CLASSIFIED] Proyek Mind Control CIA “Project MK-Ultra”

mind control header

Lebih Dekat Dengan “Project MK Ultra” Proyek “Mind Control” Canggih Besutan CIA

MK-ULTRA header

Beberapa proyek rahasia pemerintah AS bermula, tumbuh dan berkembang dari Operation Paperclip, Project MK-ULTRA, Project CHATTER (didirikan 1947), Project MKCHICKWIT, Project MKOFTEN dan Proyek BLUEBIRD (didirikan 1950) yang berganti nama menjadi Project ARTICHOKE pada tahun 1951. Tujuan mereka adalah untuk mempelajari cara mengendalikan pikiran, cara interogasi, cara memodifikasi perilaku dan mempelajari topik-topik terkait lainnya.

MK-ULTRA 04

Proyek MKULTRA atau kadang disebut sebagai “Program Pengendalian Pikiran milik CIA” (CIA’s mind control program), adalah kode nama yang diberikan untuk program ilegal dan rahasia melalui percobaan pada manusia, yang dibuat oleh CIA atau Dinas Intelijen Amerika Serikat.

Percobaan pada manusia itu dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan obat-obatan serta prosedur yang akan digunakan dalam interogasi dan penyiksaan, untuk melemahkan individu untuk memaksa pengakuan mereka melalui kontrol pikiran (mind control).

Organisasi yang terorganisir ini berada di bawah Divisi Intelijen Ilmiah (Scientific Intelligence Division) dari Central Intelligence Agency (CIA), proyek ini dikoordinasikan oleh “Korps Kimia Divisi Operasi Khusus Angkatan Darat AS” (Special Operations Division of the U.S. Army’s Chemical Corps).

Program ini dimulai pada awal tahun 1950-an dan secara resmi disetujui pada tahun 1953, lalu agak berkurang disekitar lingkup tahun 1964, lalu berlanjut lagi namun dibatasi pada tahun 1967 dan secara resmi dihentikan pada tahun 1973, menurut pengakuan mereka.

ARTICHOKULTRADRAFT111 MKUltra

Program ini terlibat dalam berbagai kegiatan ilegal dan secara khusus serta sangat rahasia telah lama berjalan tanpa diketahui oleh seluruh warga AS dan Kanada yang selama ini menjadi korban sebagai subjek percobaan-percobaan mereka dan menyebabkan kontroversi heboh dimasanya mengenai legitimasi proyek rahasia ini.

MKULTRA digunakan berbagai metodologi untuk memanipulasi keadaan mental orang (manipulate people’s mental states) dan mengubah fungsi otak (alter brain functions), termasuk menggunakan obat-obatan kimia secara diam-diam (surreptitious administration of drugs).

Beberapa Metode Yang Digunakan

Banyak metode yang dijalankan dalam proyek ini yang bertujuan untuk merusak cara berfikir dan mengubah cara hidup serta perilaku korban dan dapat berimbas ke orang lain disekitarnya. Diantara metode dan bahan yang paling sering digunakan MKUltra dalam proyek ini adalah:

– Menggunakan LSD (Lysergic acid diethylamide), yaitu merupakan suatu jenis narkotika kimia yang bersifat halusinogen. Obat ini bersifat psikedelik dari keluarga ergolina. Diharapkan dalam mengubah pola pikir, sifat, sikap, perilaku atau kelakuan korban.

– Bahan Kimia Lainnya, yang dapat mempengaruhi kemampuan otak, mengubah cara kerja otak dan mengubah cara berfikir manusia.

– Metode hipnosis, atau di Indonesia sering disebut hipnotis, adalah suatu kondisi mental (menurut state theory) atau diberlakukannya peran imajinatif (menurut non-state theory). Orang yang melakukan proses hipnosis (memberikan sugesti) terhadap subjek disebut hipnotis (bahasa inggris: hypnotist).

Hipnosis biasanya disebabkan oleh prosedur yang dikenal sebagai induksi hipnosis, yang umumnya terdiri dari rangkaian panjang instruksi awal dan sugesti. Sugesti hipnosis dapat disampaikan oleh seorang hipnotis di hadapan subjek (misal melalui iklan, bacaan atau berita), hipnosis sebagai bentuk hiburan bagi penonton dikenal sebagai Stage Hipnosis.

– Metode mengurangi sensorik (sensory deprivation), atau isolasi persepsi adalah penurunan disengaja atau penghapusan rangsangan dari satu atau lebih indera. Alat sederhana seperti penutup mata dan penutup telinga bisa memotong penglihatan dan pendengaran, sedangkan perangkat lebih kompleks juga dapat memotong indra penciuman, sentuhan, rasa, thermoception (heatsense), dan gravitasi’.

Kekurangan sensorik telah digunakan dalam berbagai alternatif obat dan dalam eksperimen psikologis. Kekurangan sensorik dapat digunakan juga dalam tindakan seksual untuk menghasilkan perasaan represi atau membuat indera lain yang lebih sensitif, misalnya merasa sentuhan bisa lebih kuat jika penutup mata sedang digunakan.

– Metode isolasi, dengan menempatkan korban dalam suatu ruang atau tempat yang dapat mengisolasikan diri mereka oleh kehidupan luar. Cara ini dapat mengubah pikiran orang itu agar dapat lebih dikendalikan, menyerah atau kehilangan harapan dan diharapkan manusia itu dapat disetir ibarat budak mereka.

– Metode pelecehan verbal / lisan (verbal abuse), juga dikenal sebagai mendzolimi, digambarkan sebagai pernyataan mendefinisikan negatif kepada korban atau sekitar korban, atau dengan menahan respon apapun itu hingga mendefinisikan atau menganggap targetnya bagai tidak ada. Jika pelaku tidak segera meminta maaf dan menarik kembali pernyataan mendefinisikan, hubungan akan mungkin menjadi kasar secara verbal.

Misalnya, di sekolah seorang anak muda dapat menikmati pelecehan verbal intimidasi (yang sering memiliki komponen fisik) untuk mendapatkan status sebagai superior kepada orang yang ditargetkan dan untuk ikatan dengan orang lain terhadap target. Umumnya pengganggu tahu ada cara lain untuk menghubungkan secara emosional, yaitu, terikat dengan orang lain.

MK Ultra melakukannya melalui pidato, ceramah, iklan radio dan TV, musik, nada instrumen, penggunaan frekuensi tertentu, suara rangsangan terhadap emosi dan otak serta jenis-jenis doktrin lisan lainnya yang dapat mengubah persepsi, cara pandang dan mengubah cara berfikir korban.

– Pelecehan seksual (sexual abuse), memaksa perilaku seksual yang tidak diinginkan oleh korban yang dilakukan secara spontan atau tiba-tiba, berlangsung singkat, atau jarang, hal itu disebut juga sebagai serangan seksual. Sedangkan pelakunya disebut sebagai pelaku pelecehan seksual (sexual abuser). Ketika korban lebih muda dari usianya, ini disebut sebagai pelecehan seksual anak (child sexual abuse).

Metode ini dijalankan untuk mengharapkan merusak perilaku suatu komunitas, karena sang korban menjadi anti-pati dan kasar serta psi-co terhadap orang (jika ia tak suka), atau menjadi peleceh seksual, menjadi pelakunya, bahkan menjadi penjaja seks untuk generasi berikutnya (jika ia suka). Dan hal ini akan secara sendirinya terus berlanjut pada generasi mendatang.

Selain metode yang dijelaskan diatas, masih banyak metode serta berbagai bentuk penyiksaan lainnya yang digunakan dalam Proyek MKUltra ini.

Ruang lingkup Proyek MKULTRA adalah luas, dengan penelitian yang telah dilakukan di 80 lembaga, termasuk 44 perguruan tinggi dan universitas, serta rumah sakit, penjara, dan perusahaan farmasi.

CIA mengoperasikan melalui lembaga-lembaga itu dan juga menggunakan organisasi-organisasi terkemuka dan terdepan , meskipun para pejabat kadang-kadang atas di atas semua ini dan lembaga itu juga menyadari keterlibatan CIA di dalamnya.

Mahkamah Agung AS kemudian mencatat, MKULTRA adalah:

Berkaitan dengan penelitian dan pengembangan kimia, biologi dan bahan radiologi yang mampu bekerja dalam operasi rahasia untuk mengontrol perilaku manusia.”

Program ini terdiri dari sekitar 149 sub-proyek yang dimana badan-badan itu telah dikontrakkan ke berbagai perguruan tinggi, yayasan penelitian, dan institusi-institusi sejenis. Setidaknya ada 80 lembaga dan 185 peneliti swasta ikut berpartisipasi. Karena Badan-Badan itu didanai MKULTRA secara tidak langsung, bahkan sangat banyak orang yang telah/pernah ikut berpartisipasi, tidak menyadari bahwa mereka berhadapan dengan Badan-Badan itu.

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/44/Gerald_Ford_%28portrait%29.jpg

Presiden AS ke-38 Gerald Ford, memimpin AS (1974-1977)

Proyek MKULTRA pertama kali dibawa ke publik pada tahun 1975 oleh Komite Gereja dari Kongres AS , dan presiden AS ke-38 Gerald Ford yang kala itu memimpin AS (1974-1977) dan ia langsung membuat komisi khusus untuk menyelidiki kegiatan yang dilakukan CIA itu.

Upaya investigasi terhambat oleh kenyataan bahwa Direktur CIA Richard Helms memerintahkan semua file MKULTRA dihancurkan pada tahun 1973, namun ada beberapa lembar dokumen masih tersisa.

Investigasi yang mengharapkan dan mengandalkan kesaksian tersumpah dari peserta dan saksi terkait, seketika langsung jatuh kuantitasnya dan berjumlah relatif kecil dari dokumen yang berhasil diselamatkan dari kehancuran seluruh dokumen itu.

Pada tahun 1977, sebuah permintaan dari Freedom of Information Act telah menemukan cache atau mirip “rekam jejak elektronik” dari 20.000 dokumen yang berhubungan dengan proyek MKULTRA dan menyebabkan terjadinya dengar pendapat oleh Senat pada tahun yang sama. Pada bulan Juli 2001 beberapa informasi yang masih dapat diselamatkan tentang MKULTRA secara resmi akhirnya diklasifikasikan.

Cikal Bakal Projet MKUltra

Pada tahun 1945 Agen Badan Intelijen Gabungan (Joint Intelligence Objectives Agency) didirikan dan diberi tanggung jawab langsung untuk ‘Operasi Paperclip’ (Operation Paperclip) yaitu program perekrutan mantan ilmuwan Nazi pada era Perang Dunia-II.

Beberapa ilmuwan bekas Nazi itu direkrut secara khusus untuk mereka yang telah tahu atau pernah memiliki pengalaman pada Perang Dunia-II disaat melakukan penyiksaan dan pencucian otak untuk para tahanan perang, dapat digunakan dan dipelajari kembali di AS.

Para mantan ilmuwan Nazi pada proyek ini telah diidentifikasi dan dituntut sebagai penjahat perang selama Peradilan Nuremberg. Mereka dipaksa memiliki dua pilihan: dipenjara atau bekerja dibawah pemerintah AS. Dan pastinya, mereka memilih opsi kedua atau yang terakhir tersebut yaitu: bekerja dibawah pemerintah AS.

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/4e/Project_Paperclip_Team_at_Fort_Bliss.jpg/640px-Project_Paperclip_Team_at_Fort_Bliss.jpg

Beberapa ilmuwan bekas Nazi Jerman yang tergabung dalam Operasi Paperclip (Operation Paperclip) yaitu program perekrutan mantan ilmuwan Nazi pada era Perang Dunia-2 yang dipaksa bekerja untuk kepentingan pemerintah AS.

Project MKUltra dan project lainnya yang terkait

Beberapa proyek rahasia pemerintah AS bermula, tumbuh dan berkembang dari Operasi Paperclip yang disebut diatas. Proyek-proyek ini termasuk Project CHATTER (didirikan 1947), dan Proyek BLUEBIRD (didirikan 1950) yang berganti nama menjadi Project ARTICHOKE pada tahun 1951. Tujuan mereka adalah untuk mempelajari cara mengendalikan pikiran, cara interogasi, cara memodifikasi perilaku dan mempelajari topik-topik terkait lainnya.

Proyek-proyek CIA itu sengaja dibuat dan disebut juga sebagai CIA cryptonym, yaitu kode nama atau kode kata yang digunakan olehBadan Intelijen Pusat AS” (Central Intelligence Agency / CIA) untuk merujuk ke proyek, operasi, orang, lembaga dan lainnya. Sebagian besar cryptonyms milik CIA telah digunakan setidaknya dari tahun 1950 hingga tahun 1980-an hingga waktu kadaluarsa dari semua kegiatannya.

“CIA cryptonym” terdiri dari digraph (digraf) atau dwi huruf “MK”, digraf atau digram (dari bahasa Yunani: dis δίς, ganda” dan Grapho γράφω, menulis”) adalah sepasang karakter atau “dwi huruf” atau gabungan dua huruf yang ditulis secara berturutan untuk melambangkan suatu bunyi tertentu. Digraf biasanya digunakan untuk menulis satu fonem (suara berbeda) atau urutan fonem yang tidak sesuai dengan nilai normal dari dua karakter atau dua huruf gabungan.

“MK” yang berarti bahwa proyek ini disponsori oleh badan Staff LayananTeknis (Technical Services Staff), yang diikuti oleh kata “Ultra” (yang sebelumnya telah digunakan untuk menunjuk klasifikasi yang paling rahasia oleh intelijen pada saat Perang Dunia II). Cryptonyms terkait lainnya termasuk Project MKNAOMI dan Project MKDELTA.

Declassified MKULTRA

Dipimpin oleh Sidney Gottlieb, proyek MKULTRA dimulai atas perintah Direktur CIA Allen Welsh Dulles pada 13 April 1953. Proyek MKULTRA diadakan untuk mengembangkan obat pengendali-pikiran (mind-controlling drugs) untuk digunakan dalam misi melawan blok Soviet pada waktu itu, terutama untuk menanggapi sekutu-sekutu Soviet, Cina dan Korea Utara ketika mereka menggunakan teknik pengendalian pikiran terhadap para tawanan AS pada saat perang Korea.

Akhirnya, CIA ingin menggunakan metode yang serupa terhadap tawanan mereka sendiri. CIA juga tertarik untuk dapat memanipulasi pemimpin asing dengan teknik seperti itu dan kemudian akan menciptakan beberapa skema dalam teknik ini untuk dapat “membius dan mempengaruhi” Fidel Castro.

Percobaan demi percobaan pun dilakukan tanpa sepengetahuan atau tanpa kesadaran dari subyek yang ditargetkan. Bahkan dalam beberapa kasus, peneliti akademis yang didanai melalui hibah dari organisasi garis depan CIA, tidak menyadari bahwa pekerjaan mereka sedang digunakan untuk tujuan ini.

Pada tahun 1964, proyek ini berganti nama menjadi MKSEARCH. Proyek ini berusaha untuk menghasilkan “obat kebenaran” (truth drugs) untuk dapat digunakan ketika menginterogasi tersangka mata-mata Soviet selama Perang Dingin dan umumnya untuk menjelajahi setiap kemungkinan lain dari cara pengendalian pikiran ini.

Upaya MKULTRA lainnya seperti “Subproject 54″, adalah proyek rahasia tingkat tinggi untuk “program gegar otak yang sempurna” atau “Perfect Concussion Program” dari Angkatan Laut AS yang seharusnya menggunakan ledakan frekuensi sub-aural (sub-aural frequency blasts) untuk menghapus memori otak manusia. Namun, program ini tidak pernah dilakukan, itupun menurut pihak mereka (percaya?).

Karena sebagian besar catatan dokumen tentang proyek MKULTRA secara sengaja telah dihancurkan pada tahun 1973 atas perintah maka Direktur CIA Richard Helms (lihat penjelasan sebelumnya diatas), maka semuanya menjadi sulit, bahkan menjadi tidak mungkin bagi para penyidik ​​untuk mendapatkan pemahaman yang lengkap terhadap lebih dari 150 individu terhadap penelitian sub-proyek ini yang disponsori oleh MKULTRA dan program-program terkait CIA lainnya.

Proyek ini dimulai pada periode dimana Rupert Cornwell digambarkan sebagai individu “paranoid” di CIA, ketika Amerika telah kehilangan monopoli nuklirnya dan takut terhadap komunisme yang pada masa itu sedang pada puncaknya. James Jesus Angleton, kepala kontra-intelijen CIA percaya bahwa organisasi ini telah ditembus oleh para agen di tingkat tertinggi.

cia terorisme in action header

Tujuan dan Sasaran Project MKUltra

Badan intelijen AS telah menuangkan jutaan dolar ke dalam studi ini untuk meneliti metode cara mempengaruhi dan mengendalikan pikiran dan meningkatkan kemampuan untuk dapat mengekstrak informasi dari subyek tahanan mereka selama diinterogasi.

Beberapa sejarawan telah menegaskan bahwa CIA menciptakan subjek Manchurian Candidate” melalui teknik pengendali pikiran” ini adalah sasaran dan tujuan MKULTRA dan proyek CIA terkait lainnya.

Alfred McCoy telah mengklaim bahwa CIA berusaha untuk memberi perhatian khusus terhadap media pada program konyol” mereka, sehingga masyarakat tidak akan melihat atau berkamuflase oleh tujuan utama dari penelitian dalam metode mengembangkan yang efektif untuk penyiksaan dan interogasi.

Admin ICC mengutip salah satu contoh interogasi KUBARK oleh CIA yang mengacu pada studi di McGill Universitybahwa sebagian besar teknik yang direkomendasikan dalam KUBARK adalah persis seperti yang digunakan oleh peneliti Donald Ewen Cameron pada subjek tesnya seperti: kurangnya sensorik, obat-obatan, metode isolasi, dan lainnya.

Salah satu dokumen MKULTRA pada tahun 1955 telah memberikan ukuran dan indikasi dalam berbagai upaya dalam hal ini; dokumen itu mengacu pada studi tentang berbagai macam “zat mengubah pikiran” atau mind-altering substances, yang digambarkan sebagai berikut:

1. Zat pembuat cara berpikir yang tak masuk akal (illogical thinking) dan impulsif, ke titik di mana penerima akan didiskreditkan di depan umum.

2. Zat peningkat efisiensi pemikiran dan persepsi.

3. Bahan penyebab korban menjadi lebih cepat tua, namun lambat dalam kedewasaan.

4. Bahan pembuat efek memabukkan (intoxicating effect) dari alkohol.

5. Bahan penghasil tanda dan gejala penyakit, padahal sebenarnya sehat, sehingga bahan itu dapat digunakan untuk berpura-pura sakit dan dapat untuk keperluan sejenis lainnya.

6. Bahan penyebab kerusakan otak sementara ataupun permanen dan dapat menghilangkan ingatan atau memori.

7. Zat peningkat kemampuan individu untuk dapat menahan penderitaan, penyiksaan dan pemaksaan selama interogasi oleh apa yang disebut “cuci otak” (brain-washing).

8. Bahan dan metode fisik penghasil amnesia atau hilang ingatan, untuk peristiwa sebelum dan selama penggunaannya.

9. Metode fisik penyebab guncangan jiwa atau shock dan kebingungan dalam jangka waktu yang lama serta dapat digunakan secara rahasia.

10. Zat penghasil cacat fisik (physical disablement) seperti kelumpuhan kaki, anemia akut dan lainnya.

11. Zat berbahan kimia yang dapat menyebabkan luka lecet atau luka melepuh (blisters).

12. Zat pengubah struktur kepribadian menjadi sedemikian rupa, sehingga penerimanya cenderung akan meningkat menjadi tergantung pada orang lain atau kepada sosok pemimpin.

13. Bahan penyebab kebingungan mental (mental confusion) dan dapat menjadikan individu yang berada dibawah pengaruh bahan ini, akan merasa sulit untuk mempertahankan kebohongannya pada saat diinterogasi.

14. Zat penurun ambisi dan efisiensi kerja secara umum, dan ketika zat ini diberikan namun buktinya tidak dapat terdeteksi.

15. Zat pembuat kelemahan atau distorsi terhadap penglihatan atau pendengaran, namun tanpa efek permanen.

16. “Pil KO” atau knockout pill, yang dapat secara diam-diam diberikan ke dalam minuman, makanan, rokok, aerosol atau lainnya tapi aman digunakan, untuk memberikan efek amnesia maksimum dan cocok pula untuk digunakan oleh agen atas dasar sesuatu maksud atau tujuan yang bersifat khusus.

17. Bahan yang membuat seseorang tidak mungkin melakukan aktivitas fisik, dan secara diam-diam dapat diberikan hanya dalam dosis yang sangat kecil.

Jenis dan Bahan Percobaan

Dokumen CIA menyatakan bahwa “bahan kimia, biologi dan radiologi” diselidiki untuk tujuan pengendalian pikiran atau mind control sebagai bagian dari MKULTRA. Sebuah memorandum rahasia yang diberikan direktur MKULTRA menyatakan bahwa lebih 6% dari anggaran penelitian untuk CIA pada tahun fiskal 1953 tanpa pengawasan atau akuntansi pembukuan. Dan sekitar $ 10 juta USD (sekitar $ 87.500.000 telah disesuaikan dengan inflasi) dan selebihnya telah dihabiskan.

Obat-Obatan Kimia

L.S.D. (Lysergic acid diethylamide)

Upaya CIA diawali dan difokuskankan pada penggunaan zat kimia LSD atau Asam lisergat dietilamida atau Lysergic acid diethylamide atau tepatnya LSD-25 atau lebih dikenal juga sebagai lysergide (INN). LSD merupakan suatu narkotika halusinogen, yang kemudian mendominasi banyak program MKULTRA ini.

LSD ditemukan oleh Albert Hofmann (1906-2008) adalah ahli kimia asal Swiss yang pertama menyintesis senyawa lysergic acid diethylamide (LSD) pada 1938.

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/4e/Albert_Hofmann.jpg

Albert Hofmann pada tahun 2006 (wikimedia)

Namun, Hofmann tidak menemukan efek psychopharmacological darinya sampai lima tahun kemudian, saat dia secara tidak sengaja menelan senyawa tersebut. Dia kemudian mengonsumsi senyawa yang membawa rasa senang itu beratus-ratus kali.

Meski demikian, dia tetap menganggapnya sebagai psikotropika yang kuat dan berpotensi bahaya. Penggunaannya harus bertanggung jawab. Hofmann kemudian dikenal dengan Bapak LSD.

LSD adalah cairan tak berasa, tak berwarna dan tak berbau. Karena cair, maka dapat diserap ke dalam nyaris zat apa saja. Pada masa kini, kebanyakan penyebaran LSD menggunakan media kertas atau dapat juga dipadukan dalam tablet, kapsul atau permen. Namun pada masa kini bentuk LSD untuk komersil yang paling popular adalah kertas yang dapat dipotong-potong menjadi persegi kecil, lalu cara pemakaiannya adalah dengan cara diletakkan pada langit-langit dalam mulut pada bagian atas.

mk_ultra_child girl

Efek sementara penggunaan LSD bisa sangat nikmat luar biasa, sangat tenang dan mendorong perasaan nyaman. Sering kali ada perubahan pada persepsi, pada penglihatan, suara, penciuman, perasaan dan tempat. Sedangkan efek negatif LSD dapat termasuk hilangnya kendali emosi, disorientasi, depresi, kepeningan, perasaan panik yang akut dan perasaan tak terkalahkan, yang dapat mengakibatkan pengguna menempatkan diri dalam bahaya fisik.

Tidak ada bukti atau adanya ketergantungan fisik dan tidak ada gejala putus zat yang telah diamati bahkan setelah dipakai secara berkesinambungan. Namun, ketergantungan kejiwaan dapat terjadi. LSD baru memiliki efek sekitar 6-12 jam setelah menggunakannya yang kesemuanya tergantung pada dosis, toleransi, berat badan dan umur.

Mkultra-lsd-doc

Konvensi PBB tentang psikotropika (The United Nations Convention on Psychotropic Substances) pada tahun 1971 mengategorikan LSD sebagai psikotropika.

Pejabat pada Staff Pelayanan Teknis (Technical Services Staff) telah meneliti dan mengetahui bahwa LSD dapat mendistorsi atau mengacaukan perasaan seseorang tentang realitas (person’s sense of reality), dan mereka merasa terdorong untuk mengetahui apakah efek itu bisa mengubah kesetiaan dasar seseorang.

CIA juga ingin mengetahui apakah mereka dapat membuat mata-mata Rusia menjadi rusak mentalnya dan menjadikannya justru bertentangan dengan apa yang telah menjadi tujuan dan keinginan mereka, dan apakah Rusia bisa melakukan hal yang sama untuk agen mata-mata mereka sendiri.

Setelah Proyek MKULTRA resmi berlangsung pada bulan April 1953, eksperimen pemberian LSD termasuk untuk pasien gangguan jiwa, tahanan, pecandu narkoba dan pelacur, serta jenis orang-orang yang tidak bisa melawan,sebagai salah satu terget percobaan bagi CIA.

Dalam satu kasus LSD diberikan pada pasien jiwa di Kentucky selama 174 hari. LSD juga diberikan kepada karyawan CIA, personil militer, dokter, agen pemerintah lainnya dan anggota masyarakat umum untuk mempelajari reaksi mereka.

mk-ultra 03

LSD dan obat lain yang biasanya diberikan tanpa sepengetahuan subyek atau informed consent, pelanggaran Kode Etik Nuremberg (Nuremberg Code) bahwa AS setuju untuk mengikuti setelah Perang Dunia II.

Nuremberg Code adalah perjanjian prinsip etika dalam penelitian untuk eksperimen manusia yang ditetapkan sebagai hasil dari Peradilan Nuremberg Selanjutnya (Subsequent Nuremberg Trials) yang telah disetujui setelah akhir Perang Dunia Kedua.

Tujuan dari ini adalah untuk menemukan obat dengan efek tak tertahankan yang akan membawa korban atau tawanan memberikan pengakuan yang spesifik dan akurat secara dalam atau menghapus memori atau pikiran subjek secara bersih dan memprogram kembali, yaitu sebagai agen robot.” dan sangat cocok (jika masa kini) untuk dapat dijadikan seorang “the Manchurian Candidate”.

Dalam Operasi Midnight Climax, oleh CIA, adalah operasi yang pada awalnya didirikan oleh Sidney Gottlieb dan berada dibawah arahan petugas Biro Narkotika (Narcotics Bureau) yaitu George Hunter White, alias Morgan Hall sebagai subproyek CIA dalam Proyek MKULTRA, program penelitian kontrol-pikiran besutan CIA yang dimulai di tahun 1950-an.

sidney gottlieb mk-ultra

Sidney Gottlieb (1918 -1999) adalah seorang ahli kimia Amerika sekaligus kepala mata-mata yang terkenal karena keterlibatannya dengan CIA pada tahun 1950-an dan 60-an dalam upaya pembunuhan dan Program Pengendalian Pikiran, yang dikenal sebagai Proyek MKULTRA ini.

https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/01/ProjectMKULTRA_Senate_Report.pdf/page1-371px-ProjectMKULTRA_Senate_Report.pdf.jpg

Project MKUltra 1977 United States Senate report on MKUltra

Pada Operasi Midnight Climax, CIA menyiapkan beberapa rumah bordil di San Francisco, California untuk mendapatkan pilihan dari orang-orang yang akan terlalu malu untuk berbicara tentang suatu peristiwa rahasia.

Orang-orang yang telah diberikan LSD di rumah bordil itu, maka kamarnya telah dilengkapi dengan cermin satu arah dan sesi itu difilmkan untuk kemudian dapat dilihat dan dipelajari.

Dalam percobaan lain, mereka diinterogasi dibawah lampu terang oleh dokter. Subyek diberitahu bahwa perjalanan” mereka akan diperpanjang tanpa batas waktu jika mereka menolak untuk mengungkapkan rahasia mereka.

Orang-orang yang diinterogasi dengan cara ini adalah karyawan CIA, personel militer AS, dan agen yang dicurigai bekerja untuk pihak lain dalam Perang Dingin (Cold War) antara USA dan Uni Soviet. Kelemahan akibat jangka panjang dalam interogasi ini membuat beberapa subjek mati alias tewas. Untuk para pecandu heroin akan disuap dengan janji mengurangi LSD dengan tawaran heroin yang lebih.

Obat-Obat Lainnya

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/dd/Kwas_barbiturowy.svg/244px-Kwas_barbiturowy.svg.png

Barbituric acid, struktur dasar (basic structure) dari semua jenis barbiturates.

Teknik lain yang diselidiki secara rumus kimiawi adalah: menghubungkan Barbiturat-IV menjadi “satu lengan” dan Amfetamin-IV ke lengan yang lain agar dapat memberikan efek ganda namun dalam jangka waktu tertentu.

Barbiturat adalah obat yang bertindak sebagai depresan sistem saraf pusat, dan karena itu dapat menghasilkan spektrum yang luas dari efek penenang ringan terhadap total anestesi. Barbiturat menimbulkan kecanduan dan kemungkinan fatal ketika diambil bersamaan dengan alkohol.

Barbiturat yang diberikan kepada subjek maka pertama-tama ia akan mulai tertidur, lalu amfetamin mulai dilepaskan. Orang itu kemudian akan mulai mengoceh tak jelas, dan pada fase itu diajukan pertanyaan biasanya akan mendapatkan jawaban yang berguna.

Percobaan lain yang melibatkan obat-obatan adalah seperti Temazepam (digunakan pada operasi intelijen MKSEARCH).

https://i2.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/63/Temazepam.svg/261px-Temazepam.svg.png

Temazepam, dengan merk RESTORIL. 7-Chloro-1,3-dihydro-3-hydroxy-1-methyl-5-phenyl-1,4-benzodiazepin-2-one

Temazepam adalah nama merek Restoril 15mg/30mg, antara lain Normison, adalah intermediate-acting 3hidroksi hipnotis dari kelas benzodiazepine, yaitu obat psikoaktif.

Selain itu, heroin, morfin, MDMA, mescaline, psilocybin, skopolamin, ganja, alkohol, natrium pentothal, dan Ergine atau LSA (d-lysergic acid amide) yang digunakan pada sub-operasi intelijen bernama: Sub-Project 22.

Subproject 22 adalah proyek pecahan atau sub-proyek dari MKULTRA dimana CIA menguji efek dari tanaman yang dikenal sebagai Rivea corymbosa atau Turbina corymbosa, salah satu spesies bunga dari jenis Morning glory yang mengandung zat kimia LSA yang memiliki efek serupa dengan LSD.

Elektronik

free your mind of electronics, they are poisoning

Setidaknya ada satu lagi proyek dari “Project MKUltra” yang sangat-sangat rahasia, karena banyak para pemerhati konspirasi sangat yakin bahwa Project ini masih digunakan hingga kini, adalah tentang “kontrol elektronik terhadap perilaku manusia” (electronic control of human behaviour) yaitu: Subproject 119.

Subproyek 119 memiliki tujuan menyediakan dana untuk penelitian dan membuat tinjauan kritis dari literatur dan perkembangan ilmiah yang berkaitan dengan rekaman, analisis dan interpretasi sinyal bio-listrik dari organisme manusia, dan aktivasi perilaku manusia dengan cara jarak jauh. Survei ini mencakup lima bidang utama, yaitu:

  1. Teknik aktivasi organisme manusia dengan sarana remote elektronik (techniques of activation of the human organism by remote electronic means).
  2. Sensor bio-listrik (bio-electric sensors).
  3. Rekaman (recording).
  4. Analisis (analysis).
  5. Standarisasi data (standardization of data).

Hipnotis

Pada dokumen MKULTRA dideklasifikasi menunjukkan hipnosis dipelajari pada awal 1950-an. Tujuan eksperimental meliputi:

  1. Penciptaan “kecemasan hipnosis”.
  2. Menghipnosis untuk meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat materi tertulis yang kompleks, belajar ujian hipnosis dan poligraf.
  3. Menghipnosis dengan meningkatkan kemampuan untuk mengamati dan mengingat pengaturan kompleks benda-benda fisik, serta,
  4. Belajar “hubungan kepribadian untuk kerentanan terhadap hipnosis “.

Percobaan dilakukan dengan obat induksi hipnosis dan dengan anterograde amnesia retrograde dan sementara di bawah pengaruh obat-obatan tersebut.

Teori Konspirasi

MKULTRA berperan dalam berbagai teori konspirasi yang diberikan secara alami namun sedikit, dan hanya menyisakan penghancuran terhadap semua dokumen yang pernah diterapkan tersebut.

Lawrence Teeter, pengacara terpidana pembunuh Sirhan Sirhan, percaya Sirhan berada di bawah pengaruh hipnosis ketika ia menembakkan senjatanya pada Robert F. Kennedy ditahun 1968. Teeter terkait Program MKULTRA milik CIA yaitu teknik kontrol pikiran yang ia klaim digunakan untuk mengendalikan Sirhan.

Jonestown, di Guyana sebuah lokasi kultus bagi Jim Jones dan bunuh diri massal oleh Peoples Temple, dianggap situs uji untuk MKULTRA, sebuah percobaan kontrol medis dan pikiran setelah program ni resmi berakhir.

Kongres Leo Ryan, seorang kritikus terkenal dari CIA, dibunuh oleh anggota Peoples Temple setelah ia secara pribadi mengunjungi Jonestown untuk menyelidiki berbagai penyimpangan yang dilaporkan.

Akhir Sebuah Project MKUltra

mk-ultra 02

Pada akhir masa pensiun di tahun 1972, Gottlieb memberhentikan seluruh usahanya untuk program MKULTRA CIA sebagai proyek yang tidak berguna.”

Meskipun CIA telah menegaskan bahwa jenis percobaan MKULTRA telah ditinggalkan, namun beberapa pengamat CIA mengatakan ada sedikit alasan untuk tidak percaya bahwa proyek itu tidak berlanjut hingga hari ini, namun berada dibawah suatu setting yang berbeda dari akronimnya.

Victor Marchetti, penulis dan veteran CIA selama 14 tahun menyatakan dalam berbagai wawancara, bahwa CIA secara rutin melakukan kampanye disinformasi dan bahwa penelitian pengendalian pikiran CIA itu terus berjalan.

Dalam sebuah wawancara di tahun 1977, Marchetti secara khusus menyebut bahwa klaim MKULTRA besutan CIA telah ditinggalkan dan hanya sebuah cover story atau hanya sebuah cerita sampul”. Lalu bagaimana dengan anda? Percaya bahwa proyek ini telah binasa dan tak dipakai lagi oleh CIA? Hehe.

Advertisements